Penggunaan Media Berbasis Artificial Intelligence (AI) untuk Menunjang Proses Pembelajaran pada Tingkat Sekolah Menengah Atas: A Literature Review
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara literatur mengenai penggunaan media berbasis Artificial Intelligence (AI) sebagai penunjang pembelajaran di tingkat SMA. Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan fokus pada tema tentang media berbasis AI dalam pembelajaran di tingkat SMA. Pada kajian literatur yang dilaksanakan, peneliti mengkaji 15 artikel yang sesuai khusus membahas tentang media berbasis AI dalam pembelajaran di kelas. Hasil kajian literatur menunjukkan bahwa penggunaan media berbasis AI pada pembelajaran di SMA memiliki peluang untuk menghadirkan pembelajaran yang lebih memperhatikan kebutuhan setiap siswa SMA. Selain itu, media berbasis AI juga mendorong pembelajaran berbasis game edukasi yang menghadirkan lingkungan belajar yang lebih menantang dan dinamis, sehingga dapat mengaktifkan siswa selama pembelajaran. Lebih lanjut, penggunaan media berbasis AI dapat berkontribusi pada pengembangan kompetensi pada siswa. Kompetensi siswa yang dapat dikembangkan diantaranya kemampuan penguasaan bahasa asing, kemampuan berpikir komputasi, kemampuan berdiskusi, dan keterampilan pemecahan masalah. Berdasarkan hal tersebut, maka penggunaan media berbasis AI dalam pembelajaran di tingkat SMA dapat dilaksanakan dengan memperhatikan kebutuhan siswa dan berdampak pada pengembangan kompetensi siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Halim, M. L. (2023). Pelatihan Integrasi Kecerdasan Buatan Digital dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Madrasah. Communautaire: Journal of Community Service, 2(2), 118-125. https://doi.org/10.61987/communautaire.v2i2.160
Alina, N., & Wathon, A. (2019). Pembelajaran Aktif Melalui Alat Permainan Edukatif. Sistim Informasi Manajemen, 2(2), 29-47. https://oj.lapamu.com/index.php/sim/article/view/57
Alimuddin, A., Juntak, J. N. S., Jusnita, R. A. E., Murniawaty, I., & Wono, H. Y. (2023). Teknologi Dalam Pendidikan: Membantu Siswa Beradaptasi Dengan Revolusi Industri 4.0. Journal on Education, 5(4), 11777-11790. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2135
Astutik, E. P., Ayuni, N. A., & Putri, A. M. (2023). Artificial Intelligence: Dampak Pergeseran Pemanfaatan Kecerdasan Manusia Dengan Kecerdasan Buatan Bagi Dunia Pendidikan Di Indonesia. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 1(10), 31-40. https://doi.org/10.9644/sindoro.v1i10.1219
Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2017). Karakteristik media pembelajaran berbasis komputer untuk siswa SMP. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 2(2). 10.30595/alphamath.v2i2.1167
Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak revolusi industri 4.0 pada sektor pendidikan: kajian literatur mengenai digital learning pada pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59-65. https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65
Faldi, M. R. R., Prafitasari, A. N., & Soelfiah, A. (2024). Chat Gpt: Improving Biology Learning Outcomes Problem-Based Learning Assisted Artificial Intelligence. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 14(2), 217-225. http://dx.doi.org/10.24042/biosfer.v14i2.17111
Fauziyati, W. R. A. (2023). Dampak penggunaan artificial intelligence (AI) dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2180-2187. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21623
Haidir, H., Muhamad, T., Roviati, R., Evi, E., & Deka, D. (2024). Penerapan Penerapan Chat GPT dalam Pembelajaran Biologi: Penerapan Chat GPT dalam Pendidikan. Jurnal Sosial Teknologi, 4(3), 182-189. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v4i3.1064
Hikmawati, N., Sufiyanto, M. I., & Jamilah, J. (2023). Konsep Dan Implementasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Dalam Manajemen Kurikulum SD/MI. ABUYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 1-16. https://doi.org/10.52185/abuyaVol1iss1Y2023278
Mambu, J. G., Pitra, D. H., Ilmi, A. R. M., Nugroho, W., Leuwol, N. V., & Saputra, A. M. A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru di Era Digital. Journal on Education, 6(1), 2689-2698. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3304
Muhammad, R., Larasati, H. A., Susanti, R., Pakaenoni, F., & Rahmadani, A. (2024). Kajian Literatur Peran Artificial Intelligence dalam Mendukung Strategi Pembelajaran Diferensiasi pada Mata Pelajaran Kimia di Sekolah. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 8(1). https://doi.org/10.23887/jjpk.v8i1.72163
Mustafa, M. (2023). Aktivitas Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika dengan Berpikir Komputasi Berbantuan Chat-GPT. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 5(2), 283-298. https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.3469
Soegiarto, I., Hasnah, S., Annas, A. N., Sundari, S., & Dhaniswara, E. (2023). Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Artificial Intelligences (AI) Pada Sekolah Kedinasan Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5. O. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 10546-10555. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.6132
Wuryani, E., & Nugroho, L. A. (2024). Peningkatan Kemampuan Merancang Pembelajaran Sejarah Terdeferensiasi dengan Artificial Intelligence Collaborated Education (AICE). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5345-5352. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4477
DOI: https://doi.org/10.56842/infotika.v3i1.291
Refbacks
- There are currently no refbacks.