Meningkatkan Semangat Belajar Melalui Pemanasan Dinamis yang Efektif pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pemanasan dinamis terhadap semangat belajar siswa sekolah dasar. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimental dengan dua kelompok: kelompok eksperimen yang diberi perlakuan pemanasan dinamis dan kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan. Subjek penelitian terdiri dari 60 siswa kelas 5 SDN 3 Nunggi, Kabupaten Bima. Hasil observasi menunjukkan bahwa sebelum penerapan pemanasan dinamis, siswa cenderung merasa malas, mengantuk, dan tidak fokus, dengan daya serap materi yang rendah. Namun, setelah penerapan pemanasan dinamis, siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hal motivasi, fokus, dan keterlibatan dalam pembelajaran. Data angket respon siswa juga menunjukkan bahwa 80% siswa merasa pemanasan dinamis sangat bermanfaat, dan 100% siswa setuju untuk menerapkan metode ini pada mata pelajaran lain. Hasil penelitian ini sejalan dengan teori bahwa aktivitas fisik dapat meningkatkan konsentrasi, motivasi, dan mood siswa, serta mengurangi kecemasan. Pemanasan dinamis terbukti efektif dalam meningkatkan semangat belajar siswa, sehingga dapat diterapkan sebagai bagian dari metode pembelajaran di sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Badu, K. M., Sugiharto, S., & Hariyanto, E. (2021). Literatur Review: Aktivitas Fisik Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani sebagai Stimulus Fungsi Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(12), 487701.
Bailey, R. (2009). Physical education and sport in schools: A review of benefits and outcomes. Journal of School Health, 79(6), 314-317.
Bandura, A. (1986). Social foundations of thought and action: A social cognitive theory. Prentice-Hall.
Biddle, S. J., & Asare, M. (2011). Physical activity and mental health in children and adolescents: A review of reviews. British Journal of Sports Medicine, 45(11), 1-9.
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2011). Research methods in education (7th ed.). Routledge.
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2008). Self-determination theory: A macrotheory of human motivation, development, and health. Canadian Psychology/Psychologie canadienne, 49(3), 182-185.
Donnelly, J. E., & Lambourne, K. (2011). Classroom physical activity breaks and academic performance. Preventive Medicine, 52(Suppl 1), S36-S42.
Field, A. (2013). Discovering statistics using IBM SPSS statistics (4th ed.). SAGE Publications.
Firdaus, R., Sitepu, M., & Siahaan, D. (2024). Pengaruh Teknik Pemanasan Dinamis Terhadap Kinerja Knee Saat Melakukan Shooting Pada Pemain Sepakbola. Jurnal Masyarakat Hukum Pendidikan Harapan, 2(01).
Fryer, L. K., & Bovee, H. N. (2013). Motivation in the classroom: A social cognitive perspective. Educational Psychology, 33(3), 365-380.
Hanaris, F. (2023). Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa: Strategi dan pendekatan yang efektif. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Psikologi, 1(1), 1-11.
Hermahayu, H., & Mashitoh, R. F. (2022). Aktivitas Fisik Sebagai Alternatif Model Pembelajaran yang Menyenangkan: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Jendela Inovasi Daerah, 5(2), 191-208.
Hidayah, W., Nugraha, U., & Iqroni, D. (2025). Efektifitas Pemanasan Dinamis Upaya Mengurangi Risiko Cedera Lutut pada Atlet Club Sepak Bola PS Rimbo Ilir. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 6(2), 204-209.
Kurniawan, R., & Aryani, Z. (2024). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Insan Cita Pendidikan, 3(1), 1-10.
Kurtz, S., & Kegley, S. (2013). The effects of dynamic warm-ups on athletic performance: A systematic review. International Journal of Sports Science & Coaching, 8(1), 127-135.
Muzakki, A., Saputra, S. Y., Arifin, B., & Fantiro, F. A. (2025). Kajian Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar. UMMPress.
Putri, C. W., & Almeida, A. (2024). Penerapan Strategi Latihan Fisik Terstruktur untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa Kelas X SMA Swasta di Tapanuli Selatan. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 89-103.
Rahmadani, S., Marpaung, S. I., Silalahi, R. D. P., Putri, N. A., & Siregar, F. S. (2024). Pentingnya Aktivitas Pemanasan (Warming Up) dalam Mendukung Keberhasilan Kegiatan Olahraga di Sekolah Dasar. Student Research Journal, 2(6), 66-72.
Salmon, J., Owen, N., Bauman, A., Schmitz, M. K., & Dunstan, D. W. (2007). Physical activity and sedentary behavior: A population-based study of barriers, preferences, and attitudes. Health Psychology, 26(1), 24-28.
Sinaga, J. A. (2024). Membangun Lingkungan Belajar Menyenangkan untuk Mengatasi Kecemasan Matematika dan Meningkatkan Keterlibatan Siswa Kelas I SD Sekolah XYZ Jakarta. Jurnal Syntax Admiration, 5(2).
Siregar, N. A., Siregar, N. I., & Fadhilah, N. W. (2024). Pengembangan Model Warming Up Berbasis Permainan Tradisional untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 27 Medan. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat, 4(2), 131-144.
Yusuf, J., Muhyi, M., & Wiyarno, Y. (2020). Pengembangan Pemanasan Dinamis Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(1), 79-85.
DOI: https://doi.org/10.56842/pior.v4i2.681
Refbacks
- There are currently no refbacks.