Integrasi Seni Tradisional Lokal dalam Kurikulum Pendidikan Olahraga: Pendekatan Holistik untuk Pengembangan Motorik dan Budaya DI SMP N 2 Bolo

Agus Saputra, Imadudin Saitya, Firmansah Firmansah, Ikra Ikra, Faidin Faidin

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengintegrasikan seni tradisional lokal ke dalam kurikulum pendidikan olahraga di SMP N 2 Bolo guna mengembangkan kompetensi motorik sekaligus menanamkan nilai budaya dan karakter. Dengan melibatkan dua siklus tindakan, penelitian menemukan bahwa penerapan seni tradisional seperti tarian, permainan rakyat, dan musik tradisional dapat meningkatkan kemampuan motorik halus dan kasar serta kesadaran budaya peserta didik. Hasil PTK menunjukkan peningkatan signifikan pada aspek motorik, pemahaman budaya, dan pengembangan karakter sosial peserta didik. Kendala utama yang dihadapi adalah keterbatasan kompetensi guru dan fasilitas pendukung. Penelitian ini memberikan rekomendasi pelatihan guru dan penguatan fasilitas untuk mengoptimalkan integrasi seni tradisional dalam pembelajaran olahraga.


Keywords


Seni tradisional, kurikulum pendidikan olahraga, pengembangan motorik, pelestarian budaya, pendidikan karakter.

Full Text:

PDF

References


Ashari Siregar, Dhita Dwi Yanti, Dinda Valicia Sipayung, Muhammad Ibnu Adani, Novita Paskah Rianti, & Ika Purnamasari. (2024). Pengaruh Globalisasi Terhadap Identitas Budaya Lokal the Impact of Globalization on Local Cultural Identity. Jurnal Intelek Insan Cendikia, Vol. 1(8), 4142–4151. https://jicnusantara.com/index.php/jiic

Astuti, W., & Thohir, M. A. (2025). View of Mengintegrasikan Permainan Tradisional dalam Kurikulum Sekolah Dasar_ Pendekatan Filosofis untuk Pendidikan Karakter.pdf. The Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(1), 218–225.

Fatmawati, R. A. D., & Kaltsum, H. U. (2022). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Karawitan dalam Mengembangkan Karakter Disiplin dan Cinta Tanah Air Siswa. Jurnal Basicedu, 6(3), 4768–4775. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2929

Huda, M. R. S., & Mubin, N. (2025). Tantangan Pendidikan Multikultural di Indonesia era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(5), 674–679. https://doi.org/10.62017/merdeka

Iryanto, N. D. (2020). Nilai-Nilai Moral dan Sosial pada Pertunjukkan Seni Budaya Kesenian Barongan Sebagai Sumber Belajar Literasi Budaya Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Nurjannah, S., & Hermanto, H. (2023). Modifikasi Kurikulum untuk Mengakomodasi Pendidikan Inklusif Guna Mendukung PAUD Holistik Integratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4819–4836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4898

Pramudyani, A. V. R., Kurniawan, M. R., Rasyid, H., & Sujarwo. (2017). Kurikulum Holistik Integratif Berbasis Permainan Tradisional. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 86–96.

Ridho, M., Gracia Hikari br Kacaribu, H., Artanti Marpaung, O., Angga Natalia, F., & Tansliova, L. (2024). Tantangan Memperkenalkan Budaya Indonesia Di Era Globalisas. Jurnal Pendidikan Inklusif, 8(6), 163–166. https://www.lombokinsider.com/wisata-kuliner/pr-1554636045/when-bule-nyobain-

Sarinastitin, E. (2019). Pendidikan Holistik Integratif Dan Terpadu Untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Early Childhood Education Journal of Indonesia, 2(1), 11–17.

Sukadari, S. (2020). Pembentukan Karakter Anak Melalui Seni Budaya Tradisional. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 131–139. https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1196

Yona, Sustiawati, N. L., & Trisnawati, I. A. (2024). Pengajaran Seni Tradisional Dalam Kurikulum Sekolah Untuk Melestarikan Budaya Lokal. Jurnal Pendidikan Inklusif, 8(2), 46–54.




DOI: https://doi.org/10.56842/pior.v4i2.675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.