Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Penjas pada Materi Dribling Sepak Bola di SD Budi Satrya

Ferdi Hasan Lubis, Samsuddin Siregar, Ahmad Pippo Perangin-Angin, Mochi Luthfi Nabawi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keterampilan dribbling siswa kelas V di SD Budi Satrya. PBL menawarkan pendekatan pembelajaran yang berfokus pada pemecahan masalah nyata, dengan harapan dapat meningkatkan keterampilan serta motivasi siswa. Penelitian ini akan menilai dampak PBL terhadap peningkatan keterampilan dribbling, motivasi, dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain eksperimen semu, Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD Budi Satrya, dengan sampel sebanyak 30 siswa yang dipilih. melalui teknik random sampling. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menghitung persentase, distribusi frekuensi, dan rata-rata hasil observasi serta angket. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai keterampilan dribbling pada kelompok eksperimen, yang rata-ratanya meningkat dari 65 menjadi 80, sementara kelompok kontrol hanya meningkat menjadi 70. PBL mendorong siswa untuk lebih aktif berpartisipasi dalam pembelajaran, terlibat dalam diskusi, dan lebih mandiri dalam memahami konsep dribbling, terutama dalam situasi permainan nyata.

Keywords


Model PBL; Pembelajaran Penjaskes; Dribbling Sepak Bola; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Abbas, S., Alirahman, A. D., & Mabrur, H. (2024, February). Humanization of STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Based Learning Towards Transformation 21st Century Islamic Education. In International Conference of Bunga Bangsa (Vol. 2, No. 1, pp. 251-265).

Andrianto, J. R. (2024). Pendampingan Pengembangan Bakat dan Minat Sepak Bola bagi Anak Usia Dasar. INSAN CENDEKIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 96-103.

Arfini nina. (2019), Studi Analisis Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dalam Mengembangkan Berpikir Kritis Peserta Didik Di Smp Negeri 1 Palu, Journal of Pedagogy 2 (1).

Arikunto & Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Febrita, I., & Harni, H. (2020). Penerapan Pendekatan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1425-1436.

Purwati, S. W. (2022). Metode Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Abad Ke-21 Siswa SMPN 1 Kedungpring Lamongan. ASANKA: Journal of Social Science and Education, 3(2), 155-176.

Pusparatri, R. K. D. (2012). Strategi pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 16(2).

Sembiring, N. S. (2019). Keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran TIK kelas V melaluai pendekatan contextual teaching and learning (Doctoral dissertation, Universitas Pelita Harapan).

Udam, M. (2017). Pengaruh Latihan Shuttle-Run dan Zig-zag terhadap Kemampuan Dribbling Bola pada Siswa Sekolah Sepakbola (SSB) Imanuel USia 13-15 di Kabupaten Jayapura. Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, 3(1), 58-71.

Wardani, D. A. W. (2023). Problem based learning: membuka peluang kolaborasi dan pengembangan skill siswa. Jawa Dwipa, 4(1), 1-17.

Wisahati, A. S., & Santosa, T. (2010). Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.56842/pior.v3i2.352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.