Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD-UMMI AIDA Islam Terpadu dalam Pembelajaran PJOK Melalui Permainan Tradisional: Kajian Literatur

Manami Aprianto Samosir, Gepin Mertua Sinaga, Yerikho Zai

Abstract


Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) merupakan mata pelajaran penting di Sekolah Dasar (SD) yang bertujuan untuk meningkatkan Kesehatan jasmani, rohani, dan sosial siswa. Namun, dalam kenyataannya, banyak siswa yang kurang berminat dalam pembelajaran PJOK. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti metode pembelajaran yang monoton dan kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan permainan tradisional dalam meningkatkan minat belajar siswa SD dalam pembelajaran PJOK. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan mengkaji beberapa sumber literatur seperti jurnal, artikel ilmiah, dan buku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan permainan tradisional dalam pembelajaran PJOK dapat meningkatkan minat belajar SD.

Keywords


Minat Belajar; Pembelajaran PJOK; Permainan Tradisional; Siswa

Full Text:

PDF

References


Alaska, A., & Hakim, A. A. (2021). Analisis Olahraga Tradisional Lompat Tali dan Engklek Sebagai Peningkat Kebugaran Tubuh di Era New Normal (Studi Literatur). Jurnal Kesehatan Olahraga, 9(03).

Anggraini, M. A., Karyanto, Y., & AS, W. K. (2018). Pengaruh permainan tradisional lompat tali terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(1), 18-25.

Atifah, U. (2022). Minat Siswa Kelas II Dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK Di SD Umma Aida -Islam Terpadu Tualang. Pekanbaru: Universitas Islam Riau.

Arifin, Z., & Rahman, A. (2017). Permasalahan guru PJOK dalam implementasi kurikulum 2013 di Sekolah menengah atas. Jurnal pendidikan olahraga, 6(1), 75-88.

Bile, R. L., & Tapo, Y. B. O. (2021). Pelatihan Program Olahraga Kesehatan Untuk Pemeliharaan Kebugaran Jasmani Siswa Sma Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 2(1), 41-49.

Dewi, R. P., & Sepriadi, S. (2021). Minat Siswa SD Terhadap Pembelajaran PJOK Secara Daring Pada Masa New Normal. Physical Activity Journal, 2(2).

Febriyanti, C., Prasetya, R., & Irawan, A. (2018). Etnomatematika pada permainan tradisional engklek dan gasing khas kebudayaan sunda. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 12(1), 1-6.

Habibi, M. A. (2015). Implementasi Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Terhadap Peningkatan Partisipasi aktif Siswa Kelas X SMAN 1 Kediri. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 3, 560-567.

Hadis, A., & Nurhayati, B. (2006). Psikologi dalam pendidikan. Bandung: alfabeta

Hakim, A., & Amir, S. (2018). Pengaruh Perasaan. Ketertarikan, dan Keterlibatan Terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran Pendidikan kewarganegaraan Peserta Didik Pada SD Umma Aida Islam Terpadu, 406–426.

Hurlock, E. B. (1978). Child psychology. Tokyo: McGraw-Hill Publishing Company, Ltd.

Indrawathi, N. L. P., Citra Permana Dewi, P., & Widiantari, N. L. G. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kuta Selatan. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), 239-247.

Laely, K., & Yudi, D. (2015). Pengaruh permainan egrang tempurung kelapa terhadap peningkatan kecerdasan kinestetik anak. Empowerment: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 32-41.

Ni’mah, R., Saputri, S. W., & Atika, A. N. (2023). Pengaruh Permainan Tradisional Ular Naga Panjang Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Di KB Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember Tahun Ajaran 2022/2023. YAA BUNAYYA: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 53-60.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 1(1), 128.

Nurhayati, I. (2012). Peran Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini (Studi di PAUD Geger Sunten, Desa Suntenjaya). EMPOWERMENT: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 1(2), 39-48.

Matondang, A. (2018). Pengaruh Antara Minat Dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 24-32.

Muhajir, M. (2017). Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan SM/MTs Kelas VII: buku guru.

Munawaroh, H. (2017). Pengembangan model pembelajaran dengan permainan tradisional engklek sebagai sarana stimulasi perkembangan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86-96.

Okwita, A., & Sari, S. P. (2019). Eksistensi Permainan Tradisional Egrang pada Masyarakat Monggak Kecamatan Galang Kota Batam. Historia: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 4(1), 19-33.

Rahayu, E. D., & Firmansyah, G. (2019). Pengembangan permainan tradisional lompat tali untuk meningkatkan kinestetic intelegency pada anak usia 11-12 tahun. Jendela Olahraga, 4(2), 8-12.

Rianto, H., & Yuliananingsih, Y. (2021). Menggali nilai-nilai karakter dalam permainan tradisional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 120-134.

Rofi'ah, D. (2019). Pengembangan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Egrang Batok Pada Kelompok B Di Tk Hikmah Tazkia Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA).

Sariningrum, R. M. D. A. (2021). Perancangan Buku Interaktif Permainan Tradisional “Engklek” Untuk Anak-Anak (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Visi Indonesia).

Sella, R. A. S., Muslihin, H. Y., & Sianturi, R. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Egrang Batok untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2452-2458.

Setiawan, M. H. Y. (2016). Melatih keterampilan sosial anak usia dini melalui permainan tradisional. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 1-8.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Supriyono, A. (2018). Serunya permainan tradisional anak zaman dulu. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Thana, P. M., & Hanipah, S. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan SD Untuk Menghadapi Tantangan Abad ke-21. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 281-288.

Utari, E. R. R., & Aini, L. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Engklek. CERDAS-Jurnal Pendidikan, 1(2), 52-60.

Yustiyati, S., Dhafiana, N., Sabila, S. A., Indriani, T., & Mulyana, A. (2024). Meningkatkan minat belajar siswa SD dalam pembelajaran PJOK melalui permainan tradisional. Jurnal Keolahragaan JUARA, 4(1), 25-33.

Zainuddin, M., & Pratama, Y. (2016). Evaluasi implementasi pembelajaran PJOK di Sekolah menengah pertama. Jurnal pendidikan olahraga dan kesehatan, 4(2),55-70.




DOI: https://doi.org/10.56842/pior.v3i2.349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.