HUBUNGAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Fitri Dwi Cahyani, Nurratri Kurnia Sari, Pujiyana Pujiyana

Abstract


Motivasi belajar sangat dibutuhkan dalam proses pendidikan di sekolah. Akan tetapi, masih banyak dijumpai motivasi belajar siswa yang rendah. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab terjadinya . Tujuan penelitian untuk mengetahui ada hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Pasarkliwon Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional yang bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya hubungan antara variabel interaksi teman sebaya dengan variabel motivasi belajar. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan penyebaran angket. Hasil Penelitian yaitu penelitian yang dihitung dengan rumus korelasi produk moment dengan menggunakan aplikasi SSPS 25. Hasilnya Rhitung > Rtabel atau 0,652 > 0,468 dengan taraf signifikansi 5% maka Ho tidak diterima atau Ha diterima. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan antara variabel interaksi teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pasarkliwon Surakarta Tahun Ajaran 2023/2024.

Keywords


Interaksi teman sebaya, motivasi belajar, Siswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arnyana, I. B. P. (2019). PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI 4C(COMMUNICATION, COLLABORATION, CRITICAL THINKING DANCREATIVE THINKING) UNTUK MENYONGSONG ERA ABAD 21. Jurnal Universitas PGRI Banyuwangi, 66(3), 37–39.

Azzarah, F. (2020). HUBUNGAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD GUGUS III KECAMATAN PALAKKA KABUPATEN BONE.

Cahyono, D. D., Hamda, M. K., & Prahastiwi, E. D. (2022). Pemikiran abraham maslow tentang motivasi dalam belajar. Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6(1), 37–48.

Emda, A. (2017). KEDUDUKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN. Lantanida Journal, 5(2), 93–196. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/Ij.v5i2.2838

Handayani, M. D. (2022). HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN PPKN SD NEGERI KEREP PURWOREJO. Skripsi, 65–80.

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, & Mixed Methode (C. S. Rahayu (ed.)). Hidayat Quran Kuningan.

Putra, R. S., Ihsan, N., & Handayani, S. G. (2024). Hubungan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Penjasorkes di SMA Negeri 2 Lubuk Basung. 7(1), 63–70.

Qusyairi, L. A. H. (2019). Interaksi sosial dalam proses pembelajaran. Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 149–166.

Rosa, A., & Rahmayanty, D. (2023). Pengaruh Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 9, 252–259. htt

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2020). KETERAMPILAN 4C ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DASAR. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, VIII(02), 112–122. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. ALFABETA.

Syafi’i, M., & Mahmudah, U. (2018). Pengaruh Interaksi Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Santri. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 65–87.

Handika, A. (2019). INTERAKSI TEMAN SEBAYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS X DI SMA NEGERI 1 WAY TENONG LAMPUNG BARAT. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. PT Rosda Karya.

Kurniawan, Y., & Sudrajat, A. (2020). Peran teman sebaya dalam pembentukan karakter siswa madrasah tsanawiyah. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 149–163.

Nasrah, A. M. (2020). Analisis Motivasi Belajaar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 207–213.

Nensi, M. (2020). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Smp Negeri 19 Pontianak. Jurnal Pendiidkan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(10), 1–8.

Qomaruddin, M. (2023). HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 KARANGAWEN. JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 3(September), 96–105.

Rahmawati, I. (2022). Pengantar Psikologi Sosial. PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v5i2.314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.