Faktor Penyebab Rendahnya Karakter Mandiri Siswa dalam Proses Pembelajaran
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh faktor penyebab rendahnya karakter mandiri siswa dalam melakukan proses pembelajaran disekolah.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dari siswa yang kurang mandiri dalam mengikuti proses pembelajaran.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan pendekatan dari penelitian ini adalah studi kasus.Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas 4 yang berjumlah satu orang dan siswa kelas 4 yang berjumlah delapan orang. Instrument penelitian ini adalah peneliti sendiri,tetapi dalam melaksanakan penelitian ini peneliti di bantu dengan berpedoman pada observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan camera hp, dan juga berpedoman pada catatan lapangan. Poses pengumpulan data yaitu dengan cara observasi,wawancara, dan studi dokumentasi.Data dan juga informasi yang diperoleh dengan menggunakan model miles dan Huberman,yaitu pengumpulan data ,reduksi data,display data dan kesimpulan.Agar terjaminnya keabsahan data peneliti dapat melakukan Teknik triangulasi untuk menguji keabsahan datanya. Hasil dari penelitian ini adalah masih banyak siswa yang mencontek dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dalam kelas sehingga hal tersebut memiliki dampak terhadap hasil belajar siswa nah disini lah dapat kita ketahui rendahnya karakter mandiri siswa dalam proses pembelajaran di dalam kelas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, A., & Zulhendri, Z. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Struktur Aljabar Pada Mahasiswa Semester III Jurusan Pendidikan Matematika STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai Riau Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 17-23.
Nastasha, D. A., Movitaria, M. A., & SafrizalA. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 5(4), 2626–2634. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1248/pdf
Parmitasari, R. D. A., Alwi, Z., & S., S. (2018). Pengaruh Kecerdasan Spritual dan Gaya Hidup Hedonisme terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri di Kota Makassar. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5(2), 147. https://doi.org/10.24252/minds.v5i2.5699
Nofriana, R., & Fadriati, F. (2022). Integrasi Pendidikan Islam dengan Sikap Spritual Pada Materi Akhlak Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 5(2), 148-153.
Yulia, R., Mayar, F., & Safrizal, S. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Di Taman Kanak-Kanak Terhadap Sense of Belonging Siswa Pada Teman, Sekolah, Dan Guru. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3(2), 78. https://doi.org/10.35473/ijec.v3i2.926
Yulia, R., Suryana, D., & Safrizal, S. (2021). Manipulatif Tantrum: Strategi untuk Mewujudkan Keinginan Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.14421/jga.2021.61-01
DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v4i1.140
Refbacks
- There are currently no refbacks.