Pemanfaatan Canva dalam Desain Pembelajaran Informatika Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SMPN 10 Wera

Imam Mahdin, Suharti Suharti, Faidin Faidin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas pemanfaatan Canva sebagai media kreatif dalam mendukung pendekatan Project-Based Learning (PBL) pada pembelajaran Informatika di SMPN?10 Wera. Fokus utama adalah meningkatkan kreativitas siswa dalam merancang produk digital sebagai hasil proyek. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus intervensi. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan analisis hasil karya digital siswa. Hasil menunjukkan peningkatan substansial dalam kreativitas, kolaborasi, dan keterlibatan siswa, terlihat dari kualitas produk digital dan peningkatan persentase ketercapaian kreativitas. Temuan ini sesuai dengan penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa Canva dalam PBL mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kesimpulannya, integrasi Canva dalam desain pembelajaran Informatika berbasis PBL terbukti efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa SMPN?10 Wera.

Keywords


Canva; Project Based Learning; Kreativitas; Pembelajaran Informatika

Full Text:

PDF

References


Bustomi, T., Surani, D., & Hidayat, A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Canva Dalam Meningkatkan Kreatifitas Belajar Siswa di SMK Pasundan 1 Kota Serang. Cakrawala Pedagogik, 8(2), 391–404.

Corolla, R. G., Luzyawati, L., & Yuliana, E. (2023). Project based learning berbantuan Canva : Pengaruhnya terhadap hasil belajar dan kreativitas siswa pada materi sistem reproduksi manusia. Jurnal Esabi (Jurnal Edukasi Dan Sains Biologi), 5(2), 68–81. https://doi.org/10.37301/esabi.v5i2.48

Emalfida, E. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Dengan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di Sman 11 Banda Aceh. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15405–15410. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/36675

Lutfi, M. (2025). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Canva Dalam Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Ips Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Ix Smp Negeri 163 Jakarta. Jurnal Sosial Dan Humaniora, 3(1), 268–273.

Maya Ulyani, & Widuri Indah Dwi Jayanti. (2025). The Utilization of Canva in Project Based Learning (PjBL) to Enhance the Students’ Writing Skills. Sintaksis : Publikasi Para Ahli Bahasa Dan Sastra Inggris, 3(1), 242–252. https://doi.org/10.61132/sintaksis.v3i1.1412

Nuraini, E., Saktiari, L. I., & Kristiono, N. (2024). Implementasi Project Based Learning Berbantuan Canva dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Kognitif. Proceeding Unnes, 607–620. https://proceeding.unnes.ac.id/wpcgp/article/view/3412%0Ahttps://proceeding.unnes.ac.id/wpcgp/article/download/3412/2855

Prastyo, A. T., Joyoatmojo, S., & Indriayu, M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Journal on Education, 06(02), 14664–14672.

Sudianto, & Yaqin, S. S. (2024). Efektivitas Model Project Based Learning Berbantuan Canva Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Didactical Mathematics, 6(2), 323–332. https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.11925

Susanti, D. A., Sultonurohmah, N., & Purwitasari, E. D. (2025). The Effectiveness of Using Canva Application as A Science Learning Media in Elementary Schools. BASICA Journal of Arts and Science in Primary Education, 4(2), 89–100. https://doi.org/10.37680/basica.v4i2.6393

Wahyuni, P., Amaliyah, N., & Irdalisa. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Pjbl Berbantuan “ Canva ” Terhadap Motivasi Belajar Dan Kreativitas Siswa Pada Materi Ipa (Pelestarian Tumbuhan Dan Hewan). DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 4(3), 167–178.

Wardini, P., Wijaya, P., Donald, ;, Ratu, M., & Santje Iroth, ; (2025). Implementation of AI-Based Digital Platform Through Canva Application in Indonesian Language Subject for Students of SMP Negeri 15 Manado. Abdurrauf Science and Society, 1(3), 207–217. https://doi.org/10.70742/asoc.v1i3.216




DOI: https://doi.org/10.56842/infotika.v4i2.673

Refbacks

  • There are currently no refbacks.