PENGARUH PEMBELAJARAN INFORMATIKA BERBASIS APLIKASI MOBILE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 MADAPANGGA

Yuyun Yuningsih rs, Firmansah Firmansah, Muhammad Salahuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan aplikasi mobile (Micro Quest) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi algoritma dan pemrograman. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Madapangga pada kelas VIII. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen (Quasi-experimental). Penelitian ini menggunakan dua kelompok sampel, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, sampel penelitian berjumlah 38 orang untuk kelompok eksperimen dan 38 orang untuk kelompok kontrol. Kelompok eksperimen dalam penelitian ini adalah kelompok siswa yang mendapatkan pembelajaran berbasis aplikasi mobile Micro Quest yang dapat diunduh pada perangkat Android, sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes pilihan ganda dan tes praktik pemrograman yang selanjutnya diujicoba pada kelas. Hasil rata-rata analisis data kuantitatif menunjukkan ketercapaian kemampuan berpikir komputasional siswa pada pretest dan posttest. Berdasarkan pengujian hipotesis statistik dengan uji-t' (? = 0,05) diperoleh thitung sebesar 1,99. Dari hasil perhitungan, diperoleh hasil uji-t post-test kelas eksperimen yakni 3,303 yang berarti lebih besar dari t-tabel. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran informatika berbasis aplikasi mobile terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi algoritma dan pemrograman.

 


Keywords


Aplikasi pembelajaran, Mobile learning, Informatika, Algoritma, Pemrograman, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


APJII. (2012). Profil Pengguna Internet Indonesia 2012. Jakarta: Asosiasi Penyelenggara Jasa

Internet Indonesia.

Hartanto, W. (2008). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jakarta: Jurnal Pendidikan Ekonomi.

Holstein, H. (1987). Media Pendidikan dalam Praktek Sekolah. Jakarta: Saduran Oemar Hamalik.

Maya, B., & Dobler, E. (2007). Digital Literacy and New Media. New York: Educational Technology Research.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.56842/infotika.v4i1.660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.