Analisis Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP 06 Kempo

Al Islamiansyah, Muslimin Muslimin, Lutfin Haryanto

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menciptakan produk yang dikembangkan sehingga layak untuk digunakan. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Media Pembelajaran Powerpointt Interaktif Materi IPS dengan menggunakan model ADDIE. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan R&D.  Jenis data dalam penelitian ini ialah Data kualitatif diperoleh dari saran dan masukan dari ahli media dan ahli materi pada tahap validasi produk dan Data kuantitatif diperoleh dari hasil validasi ahli media, validasi ahli materi dan Bahasa terkait pemahaman siswa terhadap konsep statistika. Subjek sebanyak 5 responden siswa kelas VIII SMP 06 Kempo. yang dipilih secara acak atau random sampling. Instrumen penelitian adalah kuesioner Hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata persentase sebesar 100% dengan kategori “sangat layakâ€. Hasil respon siswa pada uji coba kelompok besar memperoleh 90,6% dengan kategori “sangat layak. Selanjutnya pada tahap Implementasi diperoleh Beberapa aspek antara lain ; 1) Media mudah digunakan sebanyak 91% dengan kategori Sangat Layak, 2) Bahasa yang digunakan mudah dipahami sebanyak 95% dengan kategori Sangat Layak, 3) Kesesuaian Gambar persentase 87,50% dengan kategori Sangat Layak, 4) Ketertarikan  Kesesuaian Gambar sebanyak 100% dengan kategori Sangat Layak, dan 5) Memahami Konsep dengan Baik sebanyak  91% kategori Sangat Layak. Total keseluruhan Rata-rata sebanyak 92,9 % dengan kategori sangat layak.

Keywords


Media Pembelajaran; Powerpoint interaktif, Minat Belajar; Siswa

Full Text:

PDF

References


Febrian Syah, M. N., Hidayatullah, R. S., Kurniawan, W. D., & Susanti, N. A. (2023). Pengaruh Media Microsoft Powerpoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar Generasi Z Siswa Kejuruan. Jmel, 9(1), 1–7. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jmel/article/view/40441

Indriani, N. M. P. S., Dewi, N. K., & Erfan, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpointt Interaktif Materi Bangun Datar Siswa Kelas III SD Negeri 1 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 516–520. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.548

Karisma, E. T., Setiawan, D., & Oktavianti, I. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kelas Iv Sdn Jleper 01. Jurnal Prasasti Ilmu, 2(3). https://doi.org/10.24176/jpi.v2i3.8366

Kustandi, C., Yatimah, D., & Rugaiyah, R. (2023). Virtual Reality-Based Instructional Media through Enriched Virtual Classroom in Microteaching. 7(5), 5983–5992. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5212

Moto, M. M. (2019). Indonesian Journal of Primary Education Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. 3(1), 20–28.

Rahman, M., Nursyabilah, I., Astuti, P., Syam, M. I., Mukramin, S., Ode, W., & Kurnawati, I. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran. Journalon Education, 05(03), 10646–10653.

Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi atas Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 206–216. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1027

Rahmi, I., Nurmalina, N., & Fauziddin, M. (2020). Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 2(1), 197–206. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1164

Rosyiddin, A. A. Z., Fiqih, A., Nugraha, H., Hadiapurwa, A., & Komara, D. A. (2023). The Effect of Interactive Microsoft Powerpoint Media Design on Student Learning Interests. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 8(1), 12–23.

Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2023). Development of interactive Microsoft Powerpoint learning media based on information and communication technologies to improve student learning outcomes. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 9(1), 75–86.

Sukmahidayanti, T. (2015). The utilization of instructional media in teaching english to young learners ( a case study of an Elementary School Teacher in Bandung ). Journal of English and Education, 3(2), 90–100.

Tristanti, S., & Nafiah, N. (2020). Penggunaan Media Microsoft Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Sdn Losari Jombang. In National Conference for Ummah (NCU), 1(1), 623–630.

Wardana, M. A. (2020). Pengembanbangan Media Pembelajaran Microsoft Powerpoint Interaktif Pada Tema Tanah Airku Untuk Anak Usia 5-6 Tahun. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 1(2), 159–168.

Wulandari, P. N., Farika, N., Afni, L. N., Sumakha, Z. A., & Maryani, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Microsoft Powerpointt Pada Materi Tekanan Hidrostatis. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(1), 338–347.

Yuniarti, A., Shalihat, A. P., Amanda, D., Ramadhini, I. L., Tanjungpura, U., & Artikel, I. (2023). Memahami media untuk efektifitas pembelajaran. 4, 111–123.




DOI: https://doi.org/10.56842/infotika.v3i2.459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.