PENGARUH PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN VOKASI BIDANG KEAHLIAN INFORMATIKA UNTUK MENGHADAPI DUNIA KERJA

S. Suharti, F. Faidin

Abstract


Kebutuhan Dunia Kerja berkembang pesat seiring dengan dinamika globalisasi khususnya di bidang teknologi. Oleh karena itu pendidikan dan kurikulum yang berkelanjutan harus ada untuk menghadapi dan menghadapi Dunia Kerja di era globalisasi. Kurikulum kejuruan berpusat pada Pekerjaan Dunia siswa karena itulah satu hal yang membantu siswa mendapatkan dunia kerja di mana saja. Penulis menggunakan studi pustaka untuk melihat data dari jurnal, website, buku, dan informasi pemerintah. Kemudian penulis berharap penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan untuk mengembangkan kurikulum pendidikan vokasi.


Keywords


Kurikulum Pendidikan Vokasi, Keterampilan Informatika, & Dunia

Full Text:

PDF

References


Arianty, F and Purwanto, T.A. (2017). A Review of Vocational Education Curriculum in Accordance with Industrial Needs: Case Study. The 2nd International Conference on Vocational Higher Education (ICVHE) 2017, “The Importance on Advancing Vocational Education to Meet Contemporary Labor Demands”, p 15-36. Doi: 10.18502/kss.v3i11.2747.

Khurniawan, dkk. (2019). Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dukung Sumber Daya Manusia (SDM) ‘TOL LANGIT’. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

McGrath, Simon, dkk. (2020). Vocational Education and Training for African Development : a Literature Review, Journal of Vocational Education and Training, 72:4, 465-487. DOI: 10.1080/13636820.2019.1679969

Mouzakitis, G,S. (2010). The Role of Vacational Education and Training Curricula in Economic Development. Procedia Social and Behavioral Sciences, 2 (2010) 3914-3920. DOI: 10.1016/j.sbspro.2010.03.616

Nuraeni, Y., dan Suwadji Y, T. (2020). Strategy for Enhancing Quality of Labor through Technical Vacational Education and Training Faces Industry 4.0 Challanges. The 2nd Internataional Conference on Elementary Education. Vol. 2, No. 1, ISBN: 978-623-7776-07-9.

Santyadiputra, G.S., dan Agustini, K.(2016). Survey Kualitas Lulusan Jurusan Pendidikan Teknik Informatika. JPTK, UNDIKSA, Vol.13, No. 1, Januari 2016:13-22. ISSN: 0216-3241

Suharti dan Rudi Susilana. (2018). Curriculum Evaluation of Sustainable English Local Content Curriculum to Build Prosperous of Life and Career in Tourism. The third International Conference on Education and Regional Development (ICERD 3rd) . 1 (2), 148. PT RajaGrafindo.

Utari, N., dan Mukhaiyar, R. (2020). Alternative Concept to Identify the Characteristics of Vacational Technology Education Curriculum. Jurnal PTK: Research and Learning in Vacational Education. Vol.3, No.1, February 2020.

Verawadina, U., dkk (2019). Kurikulum Pendidikan Vokasi pada Era Revolusi Industri 4.0. JurnaL Pendidikan, Vol. 20, No.1, Maret 2019, 82-90




DOI: https://doi.org/10.56842/infotika.v1i01.40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.