PEMANFAATAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI

Imanduddin Saitya

Abstract


Kemajuan teknologi memberikan manfaat dalam belajar (memperoleh sumber belajar) dan interaksi belajar. Pada dunia pendidikan abad 21 ini penguasaan tekhnologi sangat diharuskan karena tekhnologi memberikan kemudahan dalam memperoleh sumber belajar. Pendidikan jasmani merupakan pendidikan yang memanfaatkan aktifitas jasmani (gerak) yang memiliki makna bagi anak sehingga dalam pembelajaran yang memberikan proporsional dan memadai pada domain-domain pembelajaran yaitu psikomotorik, kognitif, dan afektif. Dalam pembelajaran yang bersifat kognitif atau teoritis guru pendidikan jasmani dapat memanfaatkan media E-Learning dalam proses pembelajaran terkait materi yang akan disampaikan dan siswa mendapatkaan kemudahan belajar dimanapun dan kapanpun yang terpenting terakses dengan jaringan internet.


Keywords


E-learning, Pendidikan Jasmani

Full Text:

PDF

References


Munir. (2009). Pembelajaran jarak jauh ber-basis teknologi informasi dan komu-nikasi. Bandung: Alfabeta.

Clark, R.C. & Mayer, R.E. (2008). E-learning and the science of instruction: proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning, second edition. San Francisco: John Wiley & Sons, Inc.

Dick dan Carey. (2009). The systematic desaign of instruction. New Jersey: Pearson. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. (2008). Panduan pengembangan bahan ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Dwiyogo, Wasis. D. (2011). Merancang Pembelajaran dengan Mind Manager

Pro 7. Malang: UM Press.

Husdarta. (2009). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung. Alfabeta Irianto.

Kamarga, Hany. (2002). Belajar Sejarah Melalui E-learning. Jakarta: PT. Intimedia

Siedentop, D. (1994). Introduction to Physical Education, Fitness, and Sport. California: Mayfield Publishing Company.

Raj, S. (2011). An academic Approach to Physical Education. International Journal of Health, Physical Education and Computer Science in Sports. 2 (1): 95.

Reid, A. (2013). Physical Education, Cognition and Agency. Journal Educational Philosophy and Theory. 45(9): 921-933




DOI: https://doi.org/10.56842/infotika.v1i01.37

Refbacks

  • There are currently no refbacks.