PENGGUNAAN SOFTWARE SIMULASI LOGIC CIRCUIT DESIGNER (LCD) SEBAGAI MEDIA BELAJAR MATERI GERBANG LOGIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN

Indri Astuti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan software simulasi logic circuit designer sebagai media belajar pada materi gerbang logika terhadap keterampilan peserta didik Kelas Xa TKJ di SMK Negeri 7 Mataram. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh nilai rata-rata keterampilan proses sains sebesar 79,02. Jika dikategorikan, 100,00% berada pada kategori keterampilan proses sains diatas rata-rata. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai t hitung sebesar 5,29 dan nilai t tabel sebesar 1,171 maka dapat dinyatakan bahwa 5,29 > 1,171. Hal ini menunjukkan bahwa Ha pada penelitian ini diterima. Dari hasil ini maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains peserta didik kelas Xa mengalami peningkatan dari nilai standar KKM 75.


Keywords


LCD, Circuit Designer, dan Keterampilan.

Full Text:

PDF

References


Ango L, Mary. (2002). Mastery Of Science Precess Skills and Their Effecrive Use in the Teaching of Science: An Educology of Science Education in Nigerian Context. International Journal of Educology, Vol. 16, No. 1.

Arief S. Sadiman, dkk. (2011). Media Pendidikan, Pengertian pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto. (2005). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Dalyono, M. (2001). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Novianto, Andi. (2016). Sistem komputer. Jakarta: Penerbit Erlangga

Novianto, A. (2013). Modul Pemrograman Dasar Kurikulum 2013 SMKN 2 Surakarta. Surakarta.

Fraenkel, J. R., Norman, E. W., & Helen, H. H. (2009). How to Design and Evaluate Research in Education. 7th Edition. New York: McGraw-Hill Education.

Oemar Hamalik. (2009). Psikologi Belajar & Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Riduwan. (2009). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rustaman, Nuryani dkk. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Cetaka . Malang: Universitas Negeri Malang.

Sriyono. (1992). Teknik Belajar Mengajar Dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

SumantridanPermana. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Maulana

Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarat: Rineka Cipta

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.