Efektivitas Penggunaan Dokumenter Netflix ‘The Social Dilemma’ dalam Pembelajaran Dampak Sosial Informatika Kelas 9 pada Sekolah Penggerak Angkatan 1

Monalisa Monalisa

Abstract


Penelitian ini mengevaluasi efektivitas penggunaan video dokumenter Social Dilemma dari Netflix sebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran Informatika di SMP Negeri 5 Tangerang. Fokus penelitian adalah untuk mengidentifikasi dampak video dokumenter terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik, serta bagaimana video ini mendukung pemahaman konsep-konsep informatika dan dampak sosialnya. Metode penelitian melibatkan analisis terhadap desain dan kualitas video, relevansi isi, durasi, serta keterlibatan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran berbasis video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Dilemma dapat meningkatkan motivasi belajar, keterlibatan aktif, dan pemahaman konsep-konsep abstrak melalui penyajian visual dan narasi yang menarik. Video ini juga memperkaya pengalaman belajar dengan menyediakan konteks kehidupan nyata, meningkatkan retensi informasi, dan mendukung pengembangan keterampilan kritis. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar video dokumenter digunakan secara strategis dalam pengajaran dengan memperhatikan faktor-faktor seperti kualitas media, kesesuaian dengan kurikulum, dan integrasi dengan aktivitas pembelajaran. Peningkatan fasilitas seperti ruang audio-visual dan pelatihan bagi guru juga diperlukan untuk memaksimalkan efektivitas media pembelajaran ini. Penelitian ini memberikan dasar bagi pengembangan metode pengajaran yang lebih inovatif dan berorientasi pada profil Pelajar Pancasila, dengan harapan meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat SMP

Keywords


Dokumenter; Social Dilemma; Dampak Sosial Informatika; Sekolah Penggerak

Full Text:

PDF

References


Agang, M. J., Tangi, H. C., & Komisia, F. (2021). Penggunaan Video Pembelajaran Berbasis Integrasi Representasi Kimia Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Education and Development, 9(4), 37-41. https://doi.org/10.37081/ed.v9i4.2968

Andriani, A., Sahabuddin, C., & Azis, S. (2017). Pengaruh penerapan media film dokumenter pada pembelajaran menulis puisi peserta didik. Jurnal Muara Ilmu Sosial, 3(1), 55-63.

Endra, R. Y., Barusman, M. Y. S., Simatupang, J., & Redaputri, A. P. (2024). Pelatihan Video Pembelajaran: Mengukir Transformasi dalam Pendidikan di SDN Tejang Pulau Sebesi Kalianda Lampung Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 3(1), 23-28. https://doi.org/10.36448/jpmtb.v3i1.77

Farhan, A., Furqon, A., Alfiah, N., & Noor, A. M. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Informatika/TIK di SMP Al Manshuriyah Pemalang. Madaniyah, 13(1), 19-28. https://doi.org/10.58410/madaniyah.v13i1.592

Firmansyah, H., Putri, A. E., & Maharani, S. (2022). Penggunaan Film Dokumenter sebagai Media Pembelajaran Sejarah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2754-2762. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2493

Husna, K., & Supriyadi, S. (2023). Peranan Manajeman Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(1), 981–990. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.4273

Kemdikbudristek. (2022). Kepmendikbudristek Nomor 56 Tahun 2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Jakarta Pusat

Liantoni, F., Rosetya, S., Rizkiana, R., Farida, F., & Hermanto, L. A. (2018). Peran Teknologi Informasi Untuk Peningkatan Kemampuan Siswa SMA dan SMK Dalam Menghadapi Perkembangan Era Digital. Publikasi Pendidikan, 8(2), 109-113. https://doi.org/10.26858/publikan.v8i2.5618

Monalisa, M. (2023a). Analisis Berpikir Komputasional Siswa SMP pada Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Informatika. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 298–304. https://doi.org/10.54259/diajar.v2i3.1596

Monalisa, M. (2023b). Pengaruh Game Based Learning Mata Pelajaran Informatika Kurikulum Merdeka Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(01), 19–29. https://doi.org/10.53977/ps.v3i01.908

Muthi, A. Z., Fadhilah, N. R., Safitri, D., & Sujarwo, S. (2023). Efektivitas penerapan media pembelajaran video dokumenter dalam pembelajaran ips pada siswa smp. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 1(6), 104-116. https://doi.org/10.61132/morfologi.v1i6.116

Nabilah, B., Zakir, S., Murtiyastuti, E., & Mubaraq, R. I. (2022). Analisis penerapan mata pelajaran informatika dalam implementasi kurikulum merdeka tingkat SMP. PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 109-118. https://doi.org/10.58540/pijar.v1i1.97

Prastyo, T. D., Setiarini, T., & Lisnawati, I. (2023). Analisis berpikir komputasional mata pelajaran informatika siswa kelas X DPIB SMK Negeri 1 Pacitan pada kurikulum merdeka. JURNAL EDUMATIC, 4(1), 39-46. https://doi.org/10.21137/edumatic.v4i1.687

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rosihan, R., Siradjuddin, H. K., Muin, Y., Salman, A., Pratama, R., & Saadu, F. A. (2024). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Online sebagai Penunjang Model Pembelajaran Digital di Sekolah Dasar Swasta (SDS) Muhammadiyah Indonesiana Kota Tidore Kepulauan. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 3(2), 151-161. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v3i2.2572

Sahabuddin, C., Azis, S., & Al Asyariah Mandar, U. (n.d.). PENGARUH PENERAPAN MEDIA FILM DOKUMENTER PADA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PESERTA DIDIK. Prosiding Seminar Nasional, 03(1).

Suryani, N., & Drajati, N. A. (2021). Development of animation video on youtube channels as an alternative learning media during the covid-19 pandemic. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(3), 285-294. https://doi.org/10.21009/jtp.v23i3.23679

Susanto, H., Irmawati, I., Akmal, H., & Abbas, E. W. (2021). Media Film Dokumenter dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 9(1), 65-78. https://doi.org/10.24127/hj.v9i1.2980

Tanib, R. A., Popoi, I., & Panigoro, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ips Terpadu di Kelas VIII. Research Review: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 181-196. https://doi.org/10.54923/researchreview.v1i2.20




DOI: https://doi.org/10.56842/infotika.v3i2.330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.