Efektivitas Penggunaan Dokumenter Netflix ‘The Social Dilemma’ dalam Pembelajaran Dampak Sosial Informatika Kelas 9 pada Sekolah Penggerak Angkatan 1
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agang, M. J., Tangi, H. C., & Komisia, F. (2021). Penggunaan Video Pembelajaran Berbasis Integrasi Representasi Kimia Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Education and Development, 9(4), 37-41. https://doi.org/10.37081/ed.v9i4.2968
Andriani, A., Sahabuddin, C., & Azis, S. (2017). Pengaruh penerapan media film dokumenter pada pembelajaran menulis puisi peserta didik. Jurnal Muara Ilmu Sosial, 3(1), 55-63.
Endra, R. Y., Barusman, M. Y. S., Simatupang, J., & Redaputri, A. P. (2024). Pelatihan Video Pembelajaran: Mengukir Transformasi dalam Pendidikan di SDN Tejang Pulau Sebesi Kalianda Lampung Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 3(1), 23-28. https://doi.org/10.36448/jpmtb.v3i1.77
Farhan, A., Furqon, A., Alfiah, N., & Noor, A. M. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Informatika/TIK di SMP Al Manshuriyah Pemalang. Madaniyah, 13(1), 19-28. https://doi.org/10.58410/madaniyah.v13i1.592
Firmansyah, H., Putri, A. E., & Maharani, S. (2022). Penggunaan Film Dokumenter sebagai Media Pembelajaran Sejarah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2754-2762. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2493
Husna, K., & Supriyadi, S. (2023). Peranan Manajeman Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(1), 981–990. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.4273
Kemdikbudristek. (2022). Kepmendikbudristek Nomor 56 Tahun 2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Jakarta Pusat
Liantoni, F., Rosetya, S., Rizkiana, R., Farida, F., & Hermanto, L. A. (2018). Peran Teknologi Informasi Untuk Peningkatan Kemampuan Siswa SMA dan SMK Dalam Menghadapi Perkembangan Era Digital. Publikasi Pendidikan, 8(2), 109-113. https://doi.org/10.26858/publikan.v8i2.5618
Monalisa, M. (2023a). Analisis Berpikir Komputasional Siswa SMP pada Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Informatika. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 298–304. https://doi.org/10.54259/diajar.v2i3.1596
Monalisa, M. (2023b). Pengaruh Game Based Learning Mata Pelajaran Informatika Kurikulum Merdeka Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(01), 19–29. https://doi.org/10.53977/ps.v3i01.908
Muthi, A. Z., Fadhilah, N. R., Safitri, D., & Sujarwo, S. (2023). Efektivitas penerapan media pembelajaran video dokumenter dalam pembelajaran ips pada siswa smp. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 1(6), 104-116. https://doi.org/10.61132/morfologi.v1i6.116
Nabilah, B., Zakir, S., Murtiyastuti, E., & Mubaraq, R. I. (2022). Analisis penerapan mata pelajaran informatika dalam implementasi kurikulum merdeka tingkat SMP. PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 109-118. https://doi.org/10.58540/pijar.v1i1.97
Prastyo, T. D., Setiarini, T., & Lisnawati, I. (2023). Analisis berpikir komputasional mata pelajaran informatika siswa kelas X DPIB SMK Negeri 1 Pacitan pada kurikulum merdeka. JURNAL EDUMATIC, 4(1), 39-46. https://doi.org/10.21137/edumatic.v4i1.687
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rosihan, R., Siradjuddin, H. K., Muin, Y., Salman, A., Pratama, R., & Saadu, F. A. (2024). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Online sebagai Penunjang Model Pembelajaran Digital di Sekolah Dasar Swasta (SDS) Muhammadiyah Indonesiana Kota Tidore Kepulauan. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 3(2), 151-161. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v3i2.2572
Sahabuddin, C., Azis, S., & Al Asyariah Mandar, U. (n.d.). PENGARUH PENERAPAN MEDIA FILM DOKUMENTER PADA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PESERTA DIDIK. Prosiding Seminar Nasional, 03(1).
Suryani, N., & Drajati, N. A. (2021). Development of animation video on youtube channels as an alternative learning media during the covid-19 pandemic. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(3), 285-294. https://doi.org/10.21009/jtp.v23i3.23679
Susanto, H., Irmawati, I., Akmal, H., & Abbas, E. W. (2021). Media Film Dokumenter dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 9(1), 65-78. https://doi.org/10.24127/hj.v9i1.2980
Tanib, R. A., Popoi, I., & Panigoro, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ips Terpadu di Kelas VIII. Research Review: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 181-196. https://doi.org/10.54923/researchreview.v1i2.20
DOI: https://doi.org/10.56842/infotika.v3i2.330
Refbacks
- There are currently no refbacks.