Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Komputer dan Smartphone dalam Pembelajaran IPA di SMP: A Literature Review

Agni Nur Padilah, Selfi Septiani, Abdul Latip, Andinisa Rahmaniar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi dalam pembelajaran IPA di SMP degnan fokus kajian pada bentuk media dan dampak pada pembelajaran IPA. Pada penelitian ini menggunakan metode literature review dengan 4 tahapan utama, yaitu pemilihan topik, pencarian dan seleksi database, analisis hasil, dan penulisan hasil analisis. Database yang digunakan terdiri atas 10 artikel yang dipublikasi pada tahun 2014-2024 dengan fokus kajian tentang pemanfaatan teknologi pada pembelajaran IPA di SMP terutama dalam bentuk komputer dan smartphone. Hasil kajian literatur menunjukkan bahwa bentuk media berbasis teknologi yang digunakan dalam pembelajaran yaitu media berbasis komputer dan media berbasis smartphone. Bentuk media berbasis teknologi ini dapat penyajian materi secara visual dengan menggunakan video, animasi, gambar dan suara. Pemanfaatan teknologi pada pembelajaran IPA memberikan dampak terhadap peningkatan dan ketuntasan hasil belajar siswa. Selain itu, dampak lain dari pemanfaatan media berbasis teknologi, yaitu meningkatkan antusiasme siswa pada proses pembelajaran, motivasi siswa, dan dapat menarik minat siswa untuk lebih aktif berpendapat pada materi pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Arda, A., Saehana, S., & Darsikin, D. (2015). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis komputer untuk siswa SMP Kelas VIII. Mitra Sains, 3(1), 69-77.

Laelasari, D., Nulhakim, L., & Nestiadi, A. (2023). Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis android pada pembelajaran IPA di Kelas VIII SMP/MTs tema makananku kesehatanku. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 24-32. https://doi.org/10.33369/pendipa.7.1.24-32

Ibrahim, N., & Ishartiwi, I. (2017). Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis android mata pelajaran IPA untuk siswa SMP. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1). https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1792

Latip, A., & Faisal, A. (2021). Upaya peningkatan literasi sains siswa melalui media pembelajaran IPA berbasis komputer. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(1), 444-452. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v15i1.1179

Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988

Nadzif, M., Irhasyuarna, Y., & Sauqina, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Sistem Tata Surya SMP. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 17–27. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.69

Nursamsu, N., & Kusnafizal, T. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran Ict Sebagai Kegiatan Pembelajaran Siswa Di Smp Negeri Aceh Tamiang. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 1(2), 165–170. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i2.9691

Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada masa pandemi covid-19 untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 433-440. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924

Saehana, S. (2021). Pengembangan media alat praktikum pelayangan gelombang berbasis mikrokontroler arduino uno. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 8(2), 168-183.

Sejati, W. S., Purba, H. S., & Mahardika, A. I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Pembelajaran Klasifikasi Materi dan Perubahannya Kelas VII SMP Dengan Metode Demonstrasi. Computer Science and Education Journal, 1(2). 37–48.

Setio, A. A., Jacobs, C., Ciompi, F., van Riel, S. J., Wille, M. M. W., Dirksen, A., ... & van Ginneken, B. (2015, March). Computer-aided detection of lung cancer: combining pulmonary nodule detection systems with a tumor risk prediction model. In Medical Imaging 2015: Computer-Aided Diagnosis (Vol. 9414, pp. 442-447). SPIE.

Tuah, Y. A. E., Ege, B., Bustami, Y., Huda, F. A., & Anyan, A. (2023). Digitalisasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka Melalui Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran IPA di SMP. JPPM: Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 93-98. https://doi.org/10.31932/jppm.v2i2.2959

Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. Jurnal LP3M, 3(2), 153–160. https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614




DOI: https://doi.org/10.56842/infotika.v3i2.319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.