ETNOMATEMATIKA DALAM TRADISI TARI TOPENG LENGGER WONOSOBO PADA KONSEP GEOMETRI

Khansa Maryska Zahra, Nurul Arfinanti

Abstract


Tari Topeng Lengger Wonosobo merupakan warisan budaya yang terikat pada pakem (aturan). Namun, kajian mengenai struktur matematis di balik Tari Topeng Lengger khususnya dalam konsep geometri masih sedikit. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis unsur geometris yang terkandung di dalam elemen-elemen Tari Topeng Lengger Wonosobo, meliputi bentuk topeng dan jamang yang dikenakan oleh penari dalam pertunjukkan serta gerakan tari, sekaligus mengeksplorasi implementasinya dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi etnografi. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi visual, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya konsep geometri dalam tari topeng lengger wonosobo seperti simetri refleksi, kekongruenan dan sudut. Temuan ini memperkuat gagasan bahwa budaya lokal menyimpan representasi konsep matematika yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar.


Keywords


Etnomatematika; Geometri; Tari Topeng Lengger

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. A. (2020). Etnomatematika; Eksplorasi Transformasi Geometri Pada Ragam Hias Cagar Budaya Khas Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Soulmath: Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 8(2), 131–138. https://doi.org/10.25139/smj.v8i2.3107

Agus, E. K. (2020). KEARIFAN LOKAL DALAM PARIKAN TARI TOPENG LENGGER WONOSOBO The Local Wisdom in the Rhymes of Tari Topeng Lengger Wonosobo. Jurnal UNDAS, 16(1), 47–64.

Agusta, R., & Wuryanto, A. (2019). PARIKAN Topeng Lengger Wonosobo Notasi dan Filosofi (E. Gunawan (ed.)). Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo.

Alaudin, F. (2023). Membaca Praktik Pengelolaan Tari Topeng Lengger Wanasaban: Antara Aset dan Industri Budaya. Arif: Jurnal Sastra Dan Kearifan Lokal, 2(2), 349–366. https://doi.org/10.21009/arif.022.09

Bimantara, A. R. (2024). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(1), 1252–1258. https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6370

Budiyanto, A. E. (2019). NILAI-NILAI BUDAYA TOPENG LENGGER GIYANTI WONOSOBO [Universitas Negeri Semarang]. https://lib.unnes.ac.id/35156/1/UPLOAD_ARI_EKO_BUDIYANTO.pdf

Fikri, M. (2020). NILAI-NILAI KEAGAMAAN DALAM PARIKAN GONDANGKELI TARI TOPENG LENGGER WONOSOBO. Jurnal Lingko : Jurnal Kebahasaan Dan Kesastraan, 2(2), 193–209. https://doi.org/10.26499/jl.v2i2.61

Mulyana, A., & Dwiningrum, S. I. A. (2023). Lengger Seni Tradisional Perekat Nilai-Nilai Sosial Budaya dan Upaya Pembelajarannya pada Masyarakat Wonosobo. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 400–407. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.809

Nurhikmayati, I., & Sunendar, A. (2020). Pengembangan Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.604

Oktaviani, T., Fretisari, I., & Silaban, C. Y. (2020). STRUKTUR PENYAJIAN TARI LANGKAH 12 DI DESA BALAI SEBUT KECAMATAN JANGKANG KABUPATEN SANGGAU. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) - Universitas Tanjungpura (Untan), 9(6).

Rizka, S., Mastur, Z., & Rochmad. (2014). Model Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 3(2), 72–78. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/4621

Setyawati, L. (2021). Budaya Tari Lengger dalam Perspektif Hukum Islam di Kabupaten Wonosobo). Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 4(1), 64–77. https://doi.org/10.31538/almada.v4i1.735

Tubondo, Y. A. (2025). Model Pembelajaran Berbasis Etnomatematika : Pendekatan Kontekstual dalam Pendidikan Matematika. Pendidikan Tambusai, 9, 9820–9828. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/26148/17930/44626%0A

Wulansari, R., Effendi, A., & Zamnah, L. N. (2025). Peran Etnomatematika Dalam Mengangkat Kearifan Lokal Ke Dalam Dunia Pendidikan. Proceeding Galuh Mathematics National Conference, 5(1), 3032–2588. https://jurnal.unigal.ac.id/GAMMA-NC/article/view/19095

Wuryanto, A. (2018). TARI TOPENG LENGGERAN WONOSOBO Antara Magic Religius dan Profan. Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo.




DOI: https://doi.org/10.56842/dikmat.v6i02.853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.