PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA KITAB HUKUM ADAT DAYAK MAYAN

Jeli Kristiani, Syarifah Fadilllah, Hodiyanto Hodiyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa lembar kerja siswa (LKS) berbasis etnomatematika pada kitab hukum adat Dayak Mayan dalam materi aljabar pada siswa kelas VII SMPN 02 Suhaid yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dimana prosedur penelitian ini menggunakan model rancangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D, yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), dan development (pengembangan). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 02 Suhaid. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dan teknik pengukuran dengan alat pengumpulan data lembar validasi ahli media, ahli materi, angket respon siswa, respon guru dan tes. Ahli validasi terdiri dari 2 dosen program studi pendidikan matematika IKIP PGRI Pontianak dan 1 orang guru mata pelajaran matematika SMPN 02 Suhaid. Berdasarkan hasil valiasi para ahli diperoleh aspek materi yang dinyatakan sangat  valid dengan persentase sebesar 82,71%, sedangkan aspek media dinyatakan sangat valid dengan hasil persentase sebesar 83,61%. Hasil angket respon guru memperoleh hasil sebesar 88% dengan kriteria sangat praktis, sedangkan angket respon siswa diperoleh 78% dengan kriteria praktis. Hasil uji coba diperoleh 80% dengan kriteria efektif dimana terdapat 12 siswa yang tuntas dan 3 siswa yang tidak tuntas dari standar kriteria ketuntansan minimal yang ditentukan oleh sekolah adalah 75 untuk mata pelajaran matematika. Dengan demikian, dapat disimpulkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Etnomatematika layak digunakan.

Keywords


Etnomatematika, Kitab Hukum Adat Dayak Mayan, Lembar Kerja Siswa (LKS)

Full Text:

PDF

References


Barton, W. D. (1994). Ethnomathematics: Exploring Cultural Diversity In Mathematics. The University of Auckland.

Dinawati, D. dan. N., & S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Etnomatematika Tenun Timor Pada Materin Pola Bilangan. Jurnal Elemen, 5(1), 64 – 79.

Efrianti, N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendidikan Karakter dalam Materi Persamaan Linier ua Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 54-65.

Fikri, Z. (2018). Pengembangan LKS Berbasis Etnomatematika Dengan Pendekatan Scientific Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Skripsi Universitas Hamzanwadi.Tidak Diterbitkan.

Gitriani, R., & dkk. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Konteksual Pada Materi Lingkaran Untuk Siswa SMP. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(1), 40–45.

Firdaus, M., & Hodiyanto, H. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Islami Pada Tradisi Makan Besaprah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 508-519.

Khairunnisa. (2016). Penegmbangan Lembar Kerja Siswa berbasis Problem Based Learning Bermuatan Sikap Spiritual Pada Materi Pengukuran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 1(1), 286.

Laurens, T. (2016). Analisis Etnomatematika Dan Penerapannya Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Matematika STKIP Sumbar, 3(1), 86–96.

Riduwan. (2016). Dasar-Dasar Statistika. Alfabeta cv.

Riskawati, dkk. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Siswa Kelas IX SMPN 31 Kab. Tebo. Jurnal Pendidikan Matermatika, 2(1), 111–118.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. CV Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.56842/dikmat.v2i02.80

Refbacks

  • There are currently no refbacks.