Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Implementasi Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Studi Tentang Strategi dan Hasil

Putri Salsabilah Anugraini, Muhammad Suwignyo Prayogo, Valentino Rahma Febrian, Raihan Alimul Fatah, Ahmad Nurohim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran matematika pada sekolah dasar dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa. Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada guru untuk merancang metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa, serta mendorong keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus pada beberapa sekolah dasar. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka, terutama melalui model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning), berhasil meningkatkan keaktifan, pemahaman konsep, dan motivasi belajar siswa. Pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, kontekstual, dan bermakna. Namun, ditemukan tantangan berupa kebutuhan pelatihan guru secara berkelanjutan dan penyediaan sumber belajar yang lengkap serta memadai. Kesimpulannya, dukungan institusi dan sumber daya yang optimal sangat diperlukan agar pembelajaran matematika berbasis Kurikulum Merdeka dapat berjalan efektif dan hasil belajarnya meningkat.


Keywords


Kualitas Pembelajaran, Kurikulum Merdeka, Matematika, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Arifin, M. F., Hafiz, A., & Arifa, T. R. (2024). Implementasi Pembelajaran Matematika SD Pada Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak Kota Banjarmasin. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 472-484. https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1723

Brahmandika, P. G., & Sutama, I. M. (2024). Pengembangan strategi pembelajaran inovatif berbasis proyek pada kurikulum merdeka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 234-239.

Farhana, I. (2023). Merdekakan Pikiran dengan Kurikulum Merdeka: Memahami konsep hingga penulisan praktik baik pembelajaran di kelas. Jakarata: Penerbit Lindan Bestari.

Manik, H., Sihite, A. C., Sianturi, F., Panjaitan, S., & Hutauruk, A. J. (2022). Tantangan menjadi Guru Matematika dengan Kurikulum Merdeka Belajar di Masa Pandemi Omicron Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 328-332. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3048

Maskur. (2023). Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(3), 190–203. https://doi.org/10.61116/jkip.v1i3.172

Muna, I. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Matematika di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 34-42.

Muliawan, P. (2024). Analisis penerapan kurikulum Merdeka dalam pengajaran Bahasa Indonesia: Tinjauan literatur terhadap isu dan tantangan terkini. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(5), 7932-7942.

Nasrullah, N. (2024). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran Matematika di Madrasah Aliyah Negeri Pinrang. International Journal of Mathematics Education, 3(2), 100-110.

Natsir, S. R. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar: Studi Deskriptif Pendekatan Deep Learning. Journal of Innovation Research and Knowledge, 4(9), 7263-7274. https://doi.org/10.53625/jirk.v4i9.9909

Purwandari, W., Safitri, I. N., & Karimah, M. M. (2024). Eksplorasi Hakikat Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah dalam Konteks Kurikulum Merdeka. Indonesian Research Journal on Education, 4, 2–16. https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.1130

Putri, H. W. F., Nurhida, P., & Laeli, S. (2024). Peran Guru Dalam Menerapkan Strategi Pembelajaran Inklusif di Jenjang Sekolah Dasar Teluk Pinang 02. Karimah Tauhid, 3(7), 8074–8080. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14332

Putri, N. A., & Rezania, V. (2023). Analisis Perbandingan Hasil Belajar pada Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kecamatan Tulangan. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 179–187. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4031

Ramadhan, S., Kusumawati, Y., & Aulia, R. (2024). Pendidikan dan Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Bandung: Penerbit K-Media.

Rifai, M. H., Mamoh, O., Mauk, V., Nahak, K. E. N., Harpriyanti, H., Nahak, M. M. N., ... & Abbas, I. (2024). Kurikulum Merdeka (Implementasi dan Pengaplikasian). Jakarta: Selat Media.

Rosa, E., Destian, R., Agustian, A., & Wahyudin. (2024). Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(3), 2608–2617. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1153

Rosyidatul, D. R., Hamidah, A., & Badrut Tamam, C. A. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Contoh Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mewujudkan Pembelajaran Matematika Yang Efektif Di Sekolah Dasar. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 7(1), 52-58. https://doi.org/10.30599/dh149449

Sariningsih, N. (2025). Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 26 Singkawang. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 1-10. https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24335

Sibagariang, D., Sihotang, H., & Murniarti, E. (2021). Peran guru penggerak dalam pendidikan merdeka belajar di indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 88-99.

Suryadi, A., Mulyasari, E., Hendriawan, D., & Ulfah, M. (2021). Penerapan Kurikulum Merdeka pada Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur Sistematis. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13, 167–186. https://doi.org/10.20961/jkc.v13i2.97777

Widia, W., Soetjipto, S., Ibrahim, M., Sarnita, F., & Saifullah, S. (2024). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 5(1), 18-27. https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v5i1.284




DOI: https://doi.org/10.56842/dikmat.v6i02.776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.