IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI SISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327.
Darmawati, A., & Santoso, G. (2024). Eksplorasi Dimensi Mahasiswa: Matematika Bangun Ruang dalam Tiga Dimensi. Jurnal Pendidikan Transformatif, 3(1), 53–62.
Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Geometri di Sekolah Dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27–35.
Fauziyah, L. S., Sugiman, S., & Munahefi, D. N. (2024). Transformasi Pembelajaran Matematika melalui Media Augmented Reality: Keterlibatan Siswa dan Pemahaman Konseptual. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 936–943.
Hadi, H., & Zahrani, D. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Geometri Dan Aritmatika Sosial Siswa Kelas V Menggunakan Media Augmented Reality. Renjana Pendidikan Dasar, 4(2), 135–141.
Hafis, & Busrah, Z. (2023). Integrasi Konsep Geometri Melalui Etnomatematika Pada Alat Pertanian Tradisional Suku Bugis. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 18–36.
Haratua, C. S., Maulana, W. F., Syarif, M., & Romalaba, R. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android Dalam Meningkatkan Kompetensi Mengajar Guru Mata Pelajaran Geometri Matematika. Jurnal Genta Mulia, 14(2).
Hermawan, A., & Hadi, S. (2024). Realitas Pengaruh Penggunaan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Simki Pedagogia, 7(1), 328–340.
Indrawati, F. (2023). Matematika dalam Menghadapi Tantangan Abad Ke-21. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 9.
Lestari, E., Wargani, S. K., & Silaban, F. A. (2023). Analisis Kemampuan Visual-Spasial Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas X SMK Yadika 8 Jati Mulya. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(4), 150–162.
Marasabessy, R., Hasanah, A., & Juandi, D. (2021). Bangun Ruang Sisi Lengkung Dan Permasalahannya Dalam Pembelajaran Matematika. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 1–20.
Meilindawati, R., Zainuri, Z., & Hidayah, I. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) Dalam Pembelajaran Matematika. JURNAL E-DuMath, 9(1), 55–62.
Miyanti, V., Muhidin, A., & Ardiatma, D. (2024). Implementasi Metode Markerless Augmented Reality Sebagai Media Promosi Home Furnishing Berbasis Android: Implementation of Markerless Augmented Reality Method as an Android-based Home Furnishing Promotion Media. MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, 4(1), 71–77.
Nainggolan, E. (2023). Penggunaan Sumber Belajar Dalam Pengajaran Matematika. Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengelatuan Alam, 1(4), 46–56. https://doi.org/10.59581/konstanta-widyakarya.v1i4.1465
Nasution, E. Y. P. (2017). Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa Melalui Pembelajaran Geometri Berbantuan Cabri 3D. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 179–194.
Nurfaidah, N., Pujiastuti, E., Cahyono, A. N., & Sugiman, S. (2023). Systematic Literature Review: Penggunaan Augmented Reality (AR) pada Pembelajaran Matematika. PRISMA. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:266480495
Permatasari, K. G. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pedagogy, 14(2), 68–84.
Setyawan, I. (2022). Pengembangan Media Karamba Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Geometri Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Thahir, R., & Kamaruddin, R. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (Ar) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 24–35.
Wulandari, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika Di Smp 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43–48.
Zaid, M., Razak, F., & Alam, A. A. F. (2022). Keefektifan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis STEAM dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal PELITA, 2(2), 59–68.
Zulfa, P. I., Ni’mah, M., & Amalia, N. F. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi It Dalam Mengatasi Keterbatasan Pendidikan Di Era 5.0 Pada Sekolah Dasar. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), 1–15.
DOI: https://doi.org/10.56842/dikmat.v5i02.331
Refbacks
- There are currently no refbacks.