Penerapan Model Pembelajaran Diskusi Kelas dengan Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Azra Fauzi, W Widia, Syaiful Islami

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancangan One Group Pretest-Posttest design dilaksanakan di SMP Negeri 2 Bolo di kelas VII-B yang terdiri dari 37 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 4 kali pertemuan yang pelaksanaannya sesuai dengan RPP yang telah dibuat oleh peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung, hasil belajar siswa, serta respon siswa. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diketahui bahwa banyaknya siswa yang mengalami peningkatan kemampuan berpikir kritis adalah 20 siswa dari 35 siswa yang diteliti atau sebesar 57,14%, aktivitas siswa yang paling menonjol adalah memperhatikan penjelasan guru atau siswa lain. Hasil belajar siswa belum tuntas dengan ketuntasan belajar sebesar 48,57%, sedangkan ketuntasan belajar klasikal tidak tercapai. Respon siswa setelah pembelajaran adalah positif. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa maka pembelajaran diskusi kelas dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Keywords


Pembelajaran diskusi kelas, pemecahan masalah, berpikir kritis

Full Text:

PDF

References


Filasaime, Dennis.K. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif . Jakarta : Prestasi Pustaka.

Fisher, Alec. (20090. Berpikir Kritis. Jakarta : Erlangga.

Hasibuan, J.J, & Moedjiono. 1988. Proses Belajar Mengajar . Bandung: Remadja Karya.

Kardi, Soeparman & Mohammad. Nur. (2013). Pengantar Pada Pengajaran dan Pengelolaan Kelas. Surabaya : UNIPRES.

Marcut, Ioana. (2005). Critical Thinking – Applied to The Methodology of Teaching Mathematics. University of Macedonia.

Mudhofar, (2010). http://www.duniaesai.com/pendidikan/didik9.html diakses pada tanggal 3 Oktober 2010.

Nur, M. (2009). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam menyelesaikan dan mengajukan Soal Cerita pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Skripsi yang tidak dipublikasikan.Surabaya : UNESA.

Siswono, Tatag Yuli Eko. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press.

Sriyono. (1991). Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudrajat, Akhmad. 2011. Tersedia di http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/09/12/pendekatan-strategi-metode-teknik-dan-model-pembelajaran/. Diakses pada tanggal 29 Mei 2011

Tjokrodihardjo, Soegijo. (2000). Diskusi Kelas (Bagian 1). Surabaya : UNIPRES.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.http://www.duniaesai.com/pendidikan/didik9.html diakses pada tanggal 8 Nopember 2010




DOI: https://doi.org/10.56842/dikmat.v1i02.21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.