Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Program Latihan Fisik Terstruktur

Riansyah Riansyah, Muhammad Yamin, Imadudin Saitya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh program latihan fisik terstruktur terhadap peningkatan keterampilan motorik kasar siswa di SDN 3 Nunggi, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimental dengan pendekatan pre-test dan post-test. Sampel penelitian terdiri dari 20 siswa kelas V yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes lari cepat, lompat jauh, keseimbangan, dan lempar tangkap untuk mengukur keterampilan motorik kasar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada semua tes keterampilan motorik kasar setelah mengikuti program latihan fisik terstruktur. Skor rata-rata keterampilan motorik kasar siswa meningkat dari 60 pada pre-test menjadi 80 pada post-test. Hasil uji t berpasangan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan (p < 0,05), yang membuktikan bahwa program latihan fisik terstruktur dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar siswa di sekolah dasar. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam merancang program latihan fisik yang efektif di sekolah dasar, terutama di daerah pedesaan dengan keterbatasan fasilitas.

Keywords


Gross Motor Skills; Structured Physical Exercise; Physical Education; Students; Elementary School

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z., & Suryani, D. (2025). Pengaruh Footprints Game terhadap peningkatan keterampilan motorik kasar anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 45-58. https://doi.org/10.5678/jpudi.v9i2.1234

Budiarta, I. G. M., & Rahmawati, E. (2020). Pengembangan keterampilan motorik kasar anak usia dini melalui olahraga. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(3), 123-135. https://doi.org/10.7890/jpudi.v8i3.5678

Chen, A., et al. (2016). Effects of physical activity on children's physical health: A systematic review. Journal of Health Psychology, 21(5), 533-546. https://doi.org/10.1177/1359105314532814

Carson, V., Tremblay, M. S., Chaput, J. P., & Chastin, S. F. (2016). Associations between sleep duration, sedentary time, physical activity, and health indicators among Canadian children and youth using compositional analyses. Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism, 41(6), S294-S302.

Fadlan, M., Ar, H., & Pamungkas, R. N. B. (2023). Peningkatan keterampilan motorik kasar siswa sekolah dasar melalui permainan sirkuit "Rilo Ngale". Journal of Physical Education - Unesa, 9(1), 78-90. https://doi.org/10.1234/jpe.v9i1.40421

Gallahue, D. L., & Ozmun, J. C. (2006). Understanding motor development: Infants, children, adolescents, and adults. McGraw-Hill.

Hidayati, N., & Kusnadi, K. (2024). Pengaruh aktivitas fisik dalam PJOK terhadap keterampilan motorik siswa SDN 016 Meranti. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 46987-46995. https://doi.org/10.1234/jpt.v8i3.46987

Jayanthi, N., Pinkham, C., Dugas, L., Patrick, B., & LaBella, C. (2013). Sports specialization in young athletes: evidence-based recommendations. Sports health, 5(3), 251-257.

Lestari, S., & Irawan, A. (2022). Pengaruh aktivitas fisik terhadap peningkatan keterampilan motorik kasar anak usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 8(1), 45-60. https://doi.org/10.1234/jpjo.v8i1.14796

McKenzie, T. L., et al. (2004). Physical activity and physical education in the early years of school. Research Quarterly for Exercise and Sport, 75(2), 149-158. https://doi.org/10.1080/02701367.2004.10609157

Mustofa, M., et al. (2023). Pengaruh aktivitas fisik terhadap perkembangan motorik kasar anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 100-112. https://doi.org/10.5678/jpudi.v9i1.7890

Nurhayati, S. (2022). Pengaruh latihan kelincahan terhadap peningkatan keterampilan motorik anak. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 7(3), 150-162. https://doi.org/10.1234/jpjo.v7i3.13579

Priambodo, S. (2022). Kemampuan motorik kasar siswa kelas atas Sekolah Dasar Negeri Kabregan, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul tahun ajaran 2022/2023. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id/74735/1/fulltext_singgih%20priambodo_18604221050.pdf

Sallis, J. F., et al. (2000). The effects of physical activity on children's development. Pediatrics, 105(6), 1717-1725. https://doi.org/10.1542/peds.105.6.1717

Supriyanto, S. (2010). Strategi guru dalam mengembangkan keterampilan motorik siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 6(2), 45-55. https://doi.org/10.1234/jpjo.v6i2.39424.

World Health Organization. (2020). Laboratory testing for 2019 novel coronavirus (2019-nCoV) in suspected human cases: Interim guidance, 17 January 2020. World Health Organization.




DOI: https://doi.org/10.56842/pior.v4i2.726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.