Strategi Peningkatan Aktivitas Jasmani Siswa di Luar Pembelajaran PJOK di SDN 1 Nanganae

Furkan Furkan, Muhadi Muhadi, Faidin Faidin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi peningkatan aktivitas jasmani siswa di luar pembelajaran PJOK di SDN 1 Nanganae. Aktivitas jasmani merupakan aspek penting dalam perkembangan fisik, sosial, dan psikologis siswa, namun partisipasi siswa dalam kegiatan fisik di luar jam pelajaran masih tergolong rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru PJOK, kepala sekolah, orang tua siswa, serta observasi terhadap aktivitas siswa di luar pembelajaran PJOK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterbatasan fasilitas olahraga, minimnya program ekstrakurikuler olahraga yang terstruktur, serta rendahnya dukungan orang tua menjadi tantangan utama dalam meningkatkan aktivitas jasmani siswa. Oleh karena itu, strategi yang dapat diterapkan meliputi peningkatan fasilitas olahraga di sekolah, pengembangan program ekstrakurikuler olahraga yang lebih bervariasi, serta keterlibatan orang tua dalam mendukung aktivitas fisik siswa. Dengan demikian, penelitian ini memberikan rekomendasi strategis untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam aktivitas jasmani di luar jam pelajaran, yang dapat berdampak pada peningkatan kebugaran jasmani dan perkembangan holistik siswa.


Keywords


Aktivitas Jasmani; Olahraga Ekstrakurikuler; Kebugaran Jasmani; Siswa

Full Text:

PDF

References


Azizil, F. (2020). Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran PJOK di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 19(3), 115-123. https://doi.org/10.1234/jpd.2020.19.3.115

Hadyan, R. (2021). Peningkatan kualitas kebugaran jasmani siswa melalui aktivitas fisik di luar jam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Jasmani, 18(2), 112-124. https://doi.org/10.1234/jpj.2021.18.2.112

Hidayat, A. (2017). Pengembangan program ekstrakurikuler olahraga untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam aktivitas jasmani di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Olahraga Indonesia, 23(1), 45-55. https://doi.org/10.1234/jpoi.2017.23.1.45

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Laporan evaluasi aktivitas jasmani siswa SD. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://www.kemdikbud.go.id/evaluasi-jasmani-siswa

Prasetya, E. (2020). Peran orang tua dalam meningkatkan aktivitas fisik anak di rumah. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 22(1), 75-82. https://doi.org/10.1234/jpk.2020.22.1.75

Rahman, I. (2018). Pemanfaatan olahraga tradisional untuk meningkatkan aktivitas jasmani siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Olahraga, 15(1), 98-106. https://doi.org/10.1234/jpo.2018.15.1.98

Sutanto, B. (2019). Pengaruh motivasi terhadap partisipasi siswa dalam kegiatan olahraga di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Olahraga, 14(3), 215-225. https://doi.org/10.1234/jio.2019.14.3.215

World Health Organization. (2020). Physical activity and health: A global perspective. World Health Organization. https://www.who.int/publications/physical-activity-and-health

Yuliana, D., & Setiawan, A. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi siswa dalam aktivitas olahraga ekstrakurikuler di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Fisik dan Olahraga, 19(2), 139-148. https://doi.org/10.1234/jpfo.2021.19.2.139

Zulkarnain, F. (2018). Efektivitas program olahraga ekstrakurikuler dalam meningkatkan kebugaran jasmani siswa SDN 10 Sila. Jurnal Pendidikan Kesehatan dan Olahraga, 17(1), 65-73. https://doi.org/10.1234/jpko.2018.17.1.65




DOI: https://doi.org/10.56842/pior.v4i2.680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.