PENTINGNYA PERENCANAAN PEMBELAJARAN PADA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

Imaduddin Saitya

Abstract


Keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran ditentukan oleh kemampuan guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai sebuah pembelajaran. Kualitas sebuah pembelajaran diawali dari sebuah perencanaan pembelajaran, merencanakan pembelajaran merupakan tugas guru. Peran guru sangatlah penting, guru sebagai ujung tombak dalam memfasilitasi siswa pada proses pembelajaran untuk mengembangkan potensi siwa. Pendidikan Jasmani sebagai proses pembelajaran merupakan sebuah usaha sadar dan terencana untuk mengembangkan potensi peserta didik menjadi sehat bugar secara jasmani dan memiliki karakter (jiwa sporttivitas) melalui berbagai macam aktifitas fisik gerak.  Pendidikan jasmani merupakan sebuah pendidikan melalui gerak sebagai media dalam mengembangkan potensi peserta didik harus direncanakan. Meningkatkan kualitas pembelajaran salah satunya melalui proses perencanaan yang diwujudkan dengan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran. Tujuan dari membuat rencana pelaksanaan pembelajaran  agar  pembelajaran terarah (sistematis). Rencana pelaksanaan pembelajaran memberikan manfaat sebagai pedoman dalam melaksakan sebuah pembelajaran untuk mencapai tujuan yang akan dicapai dengan menyusun rencana pembelajaran diupayakan dapat menyelenggarakan kegiatan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, inovatif dan menyenangkan

Keywords


Perencanaan, Pembelajaran Pendidikan Jasmani

Full Text:

PDF

References


Choi, W. & Thomson, R.S. 2012. Physical Education Teachers Teaching In a Multicultural Setting: A Case Study of Teacher Knowledge and Practice. Journal of Physical Education and Sport (JPES), 0(0), 436.

Dalziel, J., Conole, G., Wills, S., Walker, S., Bennett, S., Dobozy, E., Cameron, L., Badilescu-buga, E. & Bower, M. 2016. The Larnaca Declaration on Learning Design. Journal of Interactive Media in Education, 2016(1), 1–24. Dari http://jime.open.ac.uk/articles/10.5334/jime.407/.

Dyson, B. 2014. Quality physical education: A commentary on effective physical education teaching. Research Quarterly for Exercise and Sport, Dari http://dx.doi.org/10.1080/02701367.2014.904155.

Heikinaro-Johansson, P., Hasanen, E., McEvoy, E. & Lyyra, N. 2017. Preparing physical and health education pre-service teachers to support students’ physical activity and wellbeing during the school day. Asia-Pacific Journal of Health, Sport and Physical Education, 0(0), 1–15. Dari https://doi.org/10.1080/18377122.2017.1418181

Heynoek. 2010. Bahan Ajar Pengembangan RPP. Malang: Universitas Negeri Malang.

Jahjouh, Y.M.A. 2014. The effectiveness of blended e-learning forum in planning for science instruction. Journal of Turkish Science Education, 11(4), 3–16.

Kemdikbud.go.id.2015. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Http://Kemdikbud.Go.Id/, Dari http://kemdikbud.go.id/main/?lang=id.

Lee, Y.A. & Takahashi, A. 2011. Lesson Plans and the Contingency of Classroom Interactions. Human Studies, 34(2), 209–227.

Majid, A. 2016. Perencanaan pembelajaran. Bandung: Rosda Karya.

Nyavor, L.G., Sorkpor, R.S. & Fiadzo, S. 2018. Assessing the Influence of Planning on Selected Instructional Behaviours of Physical Education Students from University of Education, Winneba on Internship in the Volta Region of Ghana.

Saitya, I. 2019. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PJOK di SMP Kecamatan Pakis. Universitas Negeri Malang Journal Riset

Sanjaya, H.W. 2016. Perencanaan dan desain sistem pembelajara. Jakarata: Kencana.

Senturk, H.E. & Camliyer, H. 2016. A New Learning Model on Physical Education: 5E Learning Cycle. Universal Journal of Educational Research, 4(1), 26–29.

Siedentop, D. 2011. Complete guide to sport education. United States Of American: Human Kinetics.

Undang-undang Republik Indonesia 2005 Nomor 14 Tentang Guru dan Dosen. Kemensistekdikti (online), (http://kelembagaan.ristekdikti.go.id), diakses 16 Juni 2019.

Uno, H.. 2016. Perencanaan pembelajaran. Jakarta: Bumi aksara.

Winarno, M.E.. 2006. Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Jasmani. VOL.8, 8390




DOI: https://doi.org/10.56842/pior.v1i1.53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.