Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK pada Peserta Didik Kelas VIII-A SMP Negeri 3 Singaraja
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PJOK dengan materi passing bawah dalam permainan bola voli dengan model PBL pada peserta didik kelas VIII-A SMP Negeri 3 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research. Prosedur penelitian PTK langkah-langkah umum dalam melakukan analisis data dari PTK yaitu (1) Rencana tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi/evaluasi, dan (4) Refleksi. Subyek penelitian ini 36 peserta didik di kelas VIII SMP N 3 Singaraja, terdiri dari 16 laki-laki dan 20 perempuan. Penelitian ini menggunakan 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri atas 2 (dua) kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kognitif, afektif dan psikomotor. Teknik analisis data meliputi Organisasi Data, Deskripsi Data, Analisis Kualitatif, Analisis Kuantitatif, dan Perbandingan Data. Hasil penelitian pada siklus I untuk aspek psikomotor ada 75% peserta didik yang tuntas, sedangkan 25% belum tuntas, aspek kognitif yang 75%, belum tuntas 25%, aspek afektif yang tuntas 86,5%, belum tuntas 13,5%. Sedangkan pada siklus II untuk aspek psikomotor yang tuntas 94% peserta didik, belum tuntas ada 6%, aspek kognitif yang tuntas 84%, belum tuntas 16%, aspek afektif ada 7,50% dengan afektif baik dan 92,50% dengan afektif baik. Sehingga dapat disimpulakan bahwa hasil penelitian tindakan kelas mengalami peningkatan hasil belajar bola voli passing menggunakan model problem based learning pada peserta didik kelas VIII-A SMP N 3 Singaraja tahun pelajaran 2024.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, N. (2007). Panduan Olahraga Bola Voli. Solo: Era Pustaka Utama.
Aidid, E. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Metode Resitasi. Madiun: CV. Bayfa Cendekia Indonesia.
Atsani, M. R. (2020). Meningkatkan Kemampuan Passing Bawah Bola Voli Menggunakan Metode Bermain. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 1(2), 88-96.
Barr, R. B., & Tagg, J. (1995). From teaching to learning—A new paradigm for undergraduate education. Change: The magazine of higher learning, 27(6), 12-26.
Barrows, H. S. (1983). Problem-based, self-directed learning. Jama, 250(22), 3077-3080.
Bonnie, K., & Gregory, C. (2006). Volleyball step to success: sport instruction series. USA: Human Kinetics.
Gusnita, Z., Suhelmi, N. L., & Gusmaneli, G. (2024). Implementasi Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 01-11.
Huda, M. (2013). Cooperative learning. Medio: Pustaka Belajar.
Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran efikasi diri dan motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 109.
Muslimin, M., & Helensi, P. (2022). Pengaruh Metode Latihan Variasi tehadap Ketrampilan Passing Bawah dalam Permainan Bola Voli pada Siswa SMP Negeri 59 Palembang. Journal on Teacher Education, 4(1), 628-639.
Prayoga, D., & Huda, M. S. (2022). Analisis Keterampilan Passing Bawah Bola Voli pada Siswa Ekstrakurikuler Sma Negeri 9 Samarinda. Borneo Physical Education Journal, 3(2), 1-9.
Rihatno, T., & Gunawan, G. (2018). Peningkatan Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Melalui Media Pembelajaran Bola Modifikasi. Gladi: Jurnal Ilmu Keolahragaan, 9(1), 48–55.
Rahmani, M. (2014). Buku super lengkap olahraga. Jakarta: Dunia Cerdas.
Rohman, U. (2016). Tinjauan Alternatif Konsep Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Sekolah. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 12(22), 111-118.
Saputra, D. I. M., & Gusniar, G. (2019). Meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli melalui bermain melempar bola. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 64–73.
Sucipto, S. (2017). Pengembangan ketrampilan berpikir tingkat tinggi dengan menggunakan strategi metakognitif model pembelajaran problem based learning. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 2(1), 77-85.
Widiyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi perencanaan pembelajaran. Satya Sastraharing: Jurnal Manajemen, 4(2), 16-35.
Yudiana, Y., & Subroto, T. (2010). Permainan bola voli. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.56842/pior.v3i2.358
Refbacks
- There are currently no refbacks.