Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD dalam Pembelajaran PJOK Melalui Permainan Tradisional

Felix Adriano Tarigan, Samsuddin Siregar, Daniel Cristian, Cristovel Saragih

Abstract


Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) merupakan mata pelajaran penting di Sekolah Dasar (SD) yang bertujuan untuk meningkatkan Kesehatan jasmani, rohani, dan sosial siswa. Namun, dalam kenyataannya, banyak siswa yang kurang berminat dalam pembelajaran PJOK. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti metode pembelajaran yang monoton dan kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan permainan tradisional dalam meningkatkan minat belajar siswa SD dalam pembelajaran PJOK. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan mengkaji beberapa sumber literatur seperi jurnal, artikel ilmiah, dan buku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan permainan tradisional dalam pembelajaran PJOK dapat meningkatkan minat belajar siswa SD

Keywords


Minat Belajar; Siswa SD; Pembelajaran PJOK; Permainan Tradional

Full Text:

PDF

References


Ainley, M., Hillman, K., & Hidi, S. (2002). Gender and interest processes in response to literary texts: Situational and individual interest. Learning and instruction, 12(4), 411-428.

Bile, R. L., Tapo, Y. B. O., & Desi, A. K. (2021). Pengembangan Model Latihan Kebugaran Jasmani Berbasis Permainan Tradisional Sebagai Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Penjakora, 8(1), 71-80.

Habibi, M. A. (2015). Implementasi Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Terhadap Peningkatan Partisipasi aktif Siswa Kelas X SMAN 1 Kediri. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 3, 560-567.

Mohammad, I., Purwaningsih, I. R., & Sumarno, A. (2022). Penerapan Permainan Tradisional Boy-boyan Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Jasmani Pada Siswa SMP Negeri 2 Majalaya Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(24), 355-364.

Muhajir, Muhajir (2017) Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan SMP/MTs Kelas VII. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. ISBN 9786024270155 Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 1(1), 128.

Nurhayati, I. (2012). Peran Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini (Studi di PAUD Geger Sunten, Desa Suntenjaya). EMPOWERMENT: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 1(2), 39-48.

Ramadan, A. N., & Hasibuan, R. (2018). Pengaruh Permainan Boy-boyan Terhadap Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai, 7(2), 1-8.

Septanto, M. I., & Lubay, L. H. (2015). Meningkatkan Keterampilan Lempar-Tangkap Bola Kecil melalui Modifikasi Permainan Tradisional Boy-Boyan pada Siswa Kelas V SDN Cisitu 2 Kota Bandung. JTIKOR (Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan), 2(2), 125-131.

Slameto (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta Supriadie, D. (2022). Gambaran Minat Siswa Smp Terhadap Permainan Olahraga Tradisional

Manyipet Di Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya. Jurnal Keolahragaan JUARA, 2(1), 33-36.

Tapo, Y. B. O., Bile, R. L., & Nenot, A. N. (2021). Pengembangan Model Latihan Spat-Desain Materi Bola Voli Dalam Pembelajaran PJOK pada Jenjang SMP. JURNAL PENJAKORA FAKULTAS OLAHRAGA DAN KESEHATAN, 8(1), 16-25.

Tapo, Y. B. O., Natal, Y. R., Bile, R. L., Wani, B., Nona, A., & Kolong, M. Y. (2024). PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN PJOK INTERAKTIF MELALUI PERMAINAN

TRADISIONAL ENGKLEK DI SMP CITRA BAKTI. Jurnal Citra Kuliah Kerja Nyata, 2(1), 1-9.

Wang, Z., & Adesope, O. (2016). Exploring the effects of seductive details with the 4-phase model of interest. Learning and Motivation, 55, 65-77.




DOI: https://doi.org/10.56842/pior.v4i2.353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.