E-Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Jasmani

Imaduddin Saitya, Muhadi Muhadi, Afif Rofiun

Abstract


Kemajuan teknologi memberikan manfaat dalam belajar (memperoleh sumber belajar) dan interaksi belajar. Pada dunia pendidikan abad 21 ini penguasaan tekhnologi sangat diharuskan karena tekhnologi memberikan kemudahan dalam memperoleh sumber belajar. Pendidikan jasmani merupakan pendidikan yang memanfaatkan aktifitas jasmani (gerak) yang memiliki makna bagi anak sehingga dalam pembelajaran yang memberikan proporsional dan memadai pada domain-domain pembelajaran yaitu psikomotorik, kognitif, dan afektif. Dalam pembelajaran yang bersifat kognitif atau teoritis guru pendidikan jasmani dapat memanfaatkan media E-Learning dalam proses pembelajaran terkait materi yang akan disampaikan dan siswa mendapatkaan kemudahan belajar dimanapun dan kapanpun yang terpenting terakses dengan jaringan internet.


Keywords


E-Learning, Pendidikan Jasmani

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

BSNP. (2006). Standar Isi, Standar Kompetensi, dan Kompetensi Dasar SMP/MTs. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan

Clark, R.C. & Mayer, R.E. (2008). E-learning and the science of instruction: proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning, second edition. San Francisco: John Wiley & Sons, Inc.

Daniswara, A. (2011). Perancangan Sistem Pembantu Pemilihan Komponen Komputer Dengan Metode AHP (Doctoral dissertation, Universitas Multimedia Nusantara).

Pangrazi, R., & Dauer, V. (1992). Dynamic physical education for school children.

Dwiyogo, W. D. (2011). Merancang Pembelajaran Dengan Mind Manager Pro 7. Malang: Universitas Negeri Malang.

Husdarta. (2009). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung. Alfabeta Irianto.

Januszewski, A., & Molenda, M. (2008). Chapter 1: Definition. Educational technology: A definition with commentary. New York: Lawrence Erlbaum Associates.

Latuheru, J. D. (1988). Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar masa kini. Jakarta: Depdikbud.

Munir. (2009). Pembelajaran jarak jauh ber-basis teknologi informasi dan komu-nikasi. Bandung: Alfabeta.

Sage, D., Neumann, F. R., Hediger, F., Gasser, S. M., & Unser, M. (2005). Automatic Tracking Of Individual Fluorescence Particles: Application To The Study Of Chromosome Dynamics. IEEE Transactions On Image Processing, 14(9), 1372-1383.




DOI: https://doi.org/10.56842/pior.v1i2.152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.