Kontribusi Pembelajaran berbasis Virtual Reality (VR) dalam upaya Peningkatan Pembelajaran Berkelanjutan

Muhammad Rinov Cuhanazriansyah

Abstract


Virtual Reality adalah teknologi yang menjembatani antar dua dunia yakni dunia nyata dan dunia maya  yang sedang berkembang pada zaman sekarang. Tulisan ini didasarkan pada tinjauan literatur dari sejumlah jurnal dan artikel ilmiah tentang penggunaan VR dalam proses pembelajaran. Selanjutnya, hasil penelitian dievaluasi untuk menentukan manfaat dan kekurangan Virtual Reality sebagai media pembelajaran. Selain itu, untuk mengetahui bagaimana Generasi Z akan menggunakan VR untuk pembelajaran berkelanjutan di masyarakat 5.0 dalam waktu dekat, hasil tersebut juga diperiksa. Ditunjukkan bahwa siswa menunjukkan minat yang lebih besar dan merespons positif terhadap teknik Virtual Reality ini. Karena dapat melampaui batas waktu dan ruang, Virtual Reality (VR) dianggap dapat menjadi pendekatan pembelajaran masa depan. Ini juga dianggap dapat digunakan oleh semua siswa, termasuk anak-anak dan siswa berkebutuhan khusus. Masalah kesehatan, biaya peralatan, dan infrastruktur internet yang terbatas di Indonesia adalah masalah utama VR.Generasi Z, yang terkenal dengan keakrabannya dengan teknologi digital, diharapkan dapat memainkan peran penting dalam keberhasilan penerapan VR sebagai alat pendidikan di masa depan masyarakat 5.0. Hal ini akan berkontribusi terhadap pencapaian tujuan pendidikan nasional dan SDG keempat demi kemajuan Indonesia

Keywords


Virtual Reality, SDGs, Pembelajaran, Generasi Z

Full Text:

PDF

References


Abdillah, F., Riyana, C., & Alinawati, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Virtual Reality Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Educational Technologia, 2(1), 35-44.

Kurniawan R. (2021). Metaverse dalam Dunia Pendidikan: Peluang atau Ancaman. Retrived from https://radarbanyuwangi.jawapos.com/kolom/75901081/metaverse-dalam-dunia-pendidikan-peluang-atau-ancaman.

Purwati Y, Selvi S, Fandy S.U., Wiga M.B. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Tata Surya Berbasis Virtual Reality Untuk Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar dengan Evaluasi Kepuasan Pengguna Terhadap Elemen Multimedia. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 7(2), 259-266 .

Sukaryawan. I.M, I.N Sugihartini, I M Ardwi P. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Virtual Reality Terhadap Hasil Belajar Anak Kelompok B pada Tema Pengenalan Binatang Buas. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 2(2). 6-14

Widyaningrum D.A. (2019). Pembelajaran IPA Berbasis Disabilitas Menggunakan Media Virsag. E-Procedding UMPWK. 2(3). 78-88.




DOI: https://doi.org/10.56842/infotika.v2i2.264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.