UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS IX-8 MTSN 2 KOTA BIMA

Siti Nuraini

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan setiap siklus terdiri dari 4 (empat) komponen, yaitu: rencana tindakan (plan), pelaksanaan tindakan (action), observasi atau evaluasi (observation/evaluation), dan refleksi (reflection). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX-8  sebanyak 32 siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 22 orang siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan pada semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Indikator keberhasilan penilitian ini adalah jika nilai prestasi belajar siswa di atas KKM yaitu 70 dan target ketuntasan belajar 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan ketuntasan belajar dari 18,75% atau 6 siswa pada studi awal, menjadi 14 siswa atau 43,75% pada siklus pertama, dan 96,88% pada siklus kedua atau 31 siswa tuntas dari jumlah keseluruhan siswa sebanyak 32 siswa. Selain itu, keaktifan belajar siswa terus meningkat dari 18,75% atau 6 siswa  pada studi awal menjadi, 43,75% atau 14 siswa, dan pada akhir siklus kedua menjadi 96,88% atau semua siswa aktif dalam pembelajaran. Dengan demikian penerapan model metode think pair share  dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada pembelajaran IPA siswa kelas kelas IX-8  MTsN 2  Kota Bima Tahun Pelajaran 2020/2021.


Keywords


Think Pair Share, Hasil Belajar & Aktivitas

Full Text:

PDF

References


Ibrahim, M. dkk. (2000). Pembelajaran kooperatif. Universitas Negeri Surabaya University Press, Surabaya.

Majid, A. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Mulyasa. (2009). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nurhadi, B. Y., & Senduk, A. G. (2004). Pembelajaran kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang Pres.

Sardiman, A. M. (2011). Pendidikan Karakter dan Peran Pemerintah. Yogyakarta. Makalah.

Slavin, RE. (2011). Cooperative Learning, Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjoko, (2001). Membantu Siswa Belajar IPA.Yogyakarta : FMIPA, UNY

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Perdana Media Grup.

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Konterpuler. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Widia, W., Sarnita, F., Fathurrahmaniah, F., & Atmaja, J. P. (2020). Penggunaan Strategi Mind Mapping Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2). 467-473.

Yuliawati, F. (2012). Penelitian Tindakan Kelas untuk Tenaga Pendidik Profesional. Yogjakarta: PT Pustaka Insan Madani.




DOI: https://doi.org/10.56842/dikmat.v2i02.86

Refbacks

  • There are currently no refbacks.