PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IX-4 MTs NEGERI 02 KOTA BIMA

Z Zakiyah

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah Problem Based Learning dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus pada siswa kelas IX-4 MTs Negeri 02 Kota Bima sejumlah 32 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 8 Maret 2018 sampai dengan 15 Maret 2018. Instrumen pada penelitian ini adalah RPP, lembar observasi siswa dan guru, angket dan soal-soal. Teknik analisis yang digunakan yaitu deskriptif persentase. Data hasil penelitian yang dianalisis meliputi rata-rata kelas, ketuntasan belajar individu dan ketuntasan belajar secara klasikal. Dari hasil analisis dan pembahasan pada siklus I siswa yang mendapat nilai di atas KKM= 70 ada 21 siswa atau 65,6% siswa yang tuntas secara klasikal, hal ini tidak memenuhi indikator, sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II siswa yang mendapat di atas KKM= 70 ada 28 siswa atau 87,5% dari 32 siswa yang tuntas secara klasikal. Dari siklus I kemudian dilaksanakan siklus II prestasi siswa mengalami prosentase kenaikan 21,9%. Berdasarkan hal tersebut, maka penerapan Metode Problems Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IX-4 MTs Negeri 02 Kota Bima.

Keywords


Problems Based Learning dan Hasil Belajar

References


Abin Syamsuddin Makmun. (2003). Psikologi Pendidikan. PT Rosda Karya Remaja, Bandung.

Buchori M. 1992. Psikologi Pendidikan 3. Bandung : Jeanmars.

Callahan. J. F & Clark. L. H. (1982). Teaching in the Middle and Secondary School. New York: Mc. Millan

Dimyati Tarigan. (2006).Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Depdiknas.

Depdikbud. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP-SD/MI). Departemen Pendidikan Nasional

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). ”Psikologi Belajar”. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Fudyartanto, Ki RBS. (2002). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Yogyakarta: Global Pustaka Ilmu.

Gulo. W. (2004). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grasindo.

Hasibuan dan Moedjiono, (2004). Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Rosdakarya.

Nana Sudjana & Ibrahim. (2007). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru.

Sanjaya, Wina, (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Slavin, R. E. (2010) Educational Psychology Theory Into Practices. 4th ed. Boston: Ally and Bacon Publishers.

Soenarjo. (2008). Matematika 5. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sudjana. (2005). Metode & Teknik Pembelajaran Partis Matematikatif. Bandung: Falah Production.

Tritanto, (2007). Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktif, Jakarta: Prestasi Pustaka.

W.S.Winkel. (2004). Psikologi Pengajaran . Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: https://doi.org/10.56842/dikmat.v2i02.81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.