HUBUNGAN SELF REGULATED DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MATEMATIKA MAHASISWA STKIP BIMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada atau tidaknya hubungan antara self regulated dan minat belajarterhadap prestasi akademik mahasiswa dengan menggunakan analisis regresi. Sampel dalam penelitian ini adalah 48 orang mahasiswa angkatan 2020 jurusan Pendidikan Matematika STKIP Bima. Teknik pengumpulan data menggunakan dua jenis kuesioner yaitu kuesioner self regulated dan kuesioner minat belajar, serta pancatatan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwanilai F hitung > F tabel (4.339 > 3.0902), maka Ho ditolak, artinya ada pengaruh secara signifikan antara self efficacy dan minat secara bersama-sama terhadap nilai prestasi akademik (IPK). Jadi dari kasus ini dapat disimpulkan bahwa self regulated dan minat secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adicondro.N dan Purnamasari.A. (2011). Efikasi diri, Dukungan Sosial Keluarga dan Self regulated Leaning Pada Siswa Kelas VIII.Humanitas, 8(1). Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta.
Budiyono.(2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Sebelas Maret Universitas Press. Surakarta
Budiyono.(2009). Statistika Untuk Penelitian Edisi Ke-2. Sebelas Maret Universitas Press. Surakarta
Darmawan,R. (2015). Pengaruh Minat Belajar dan Perhatian Orang tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Tinggi SD Negeri 01 Wonolopo.www.eprints.uny.ac.id.
Hadi, A. M., & Saifullah, S. (2018). Peningkatkan Kemampuan Guru Matematika dalam Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas Melalui Bimbingan Individual di SMP Negeri 3 Kota Bima. Supermat (jurnal pendidikan matematika), 2(2), 10-17.
Liufeto,S.E. (2012). Efikasi diri (self efficacy) dan motivasi belajar sebagai prediktor prestasi belajar matematika pada siswa SMP Negeri 1 So’e Kelas VIII.PPs Sains Psikologi Universitas Satya Wacana.Tesis tidak diterbitkan. Salatiga
Nurhasanah.(2006). Hubungan efikasi dan indeks prestasi keberhasilan belajar.lembaran Publikasi Ilmiah Pusdiklat Migas.13(3). Forum Diklat.
Ruliyanti,B.D dan Laksmiwati,H. (2014). Hubungan antara Self Efficacy dan Self-Regulated Learning dengan Prestasi Akademik Matematika Siswa SMAN 2 Bangkalan.Character.3(2). Fakultas Psikologi Unesa.
Saputra, dkk.(2019). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Komunikasi Interpersonal Siswa.
Sutarto dan Syarifuddin.(2013). Desain Pembelajaran Matematika. Samudra Biru.
Setiawan, R., Aryaningsyih, S., & Saifullah, S. (2018). Perbandingan Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Dengan Tipe Teams Game Tournament Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Bima. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika), 2(1), 28-35.
Tansil,dkk. (2009). Reflected Appraisals dan Mathematic Academic Self-Efficacy Pada Siswa SMA.Anima Indonesian Psychological Journal 2009, 24(2).183-188.Fakultas Psikologi Universitas Surabaya.
DOI: https://doi.org/10.56842/dikmat.v2i01.59
Refbacks
- There are currently no refbacks.