TINJAUAN KRITIS TERHADAP KURIKULUM MATEMATIKA INDONESIA: ANTARA KOMPETENSI DAN KEBUTUHAN ABAD 21

Lisda Ramdhani, Suharti Suharti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian kurikulum matematika di Indonesia dengan tuntutan kompetensi abad ke-21, yang mencakup keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas. Kajian dilakukan dengan pendekatan kualitatif melalui studi literatur terhadap berbagai dokumen kebijakan kurikulum, artikel ilmiah, dan laporan hasil implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Hasil kajian menunjukkan bahwa meskipun kurikulum secara konseptual telah mengakomodasi kompetensi abad ke-21, implementasinya di lapangan masih menghadapi berbagai kendala seperti keterbatasan sumber daya, kurangnya pelatihan guru, serta paradigma pembelajaran yang belum sepenuhnya berubah. Oleh karena itu, diperlukan strategi implementasi yang lebih holistik agar kurikulum benar-benar mampu membekali siswa menghadapi tantangan global melalui penguasaan kompetensi abad ke-21 dalam pembelajaran matematika.


Keywords


Kurikulum Matematika; Kompetensi Abad 21; Pendidikan Matematika.

Full Text:

PDF

References


Anderson, J. (2009). Mathematics Curriculum Development and the Role of Problem Solving. 1–8.

Azmi, C., Hadiyanto, H., & Rusdinal, R. (2023). National Curriculum Education Policy “Curriculum Merdeka And Its Implementation.” International Journal of Educational Dynamics, 6(1), 303–309. https://doi.org/10.24036/ijeds.v6i1.437

Duma, S. Y., Muslimin, Modjo, A. S., & Walid, A. (2024). The role of Mathematics Education in Developing Critical Thingking Skill in the Industrial Era 5.0. Aksioma Education Journal, 1(4), 1–10. https://doi.org/10.62872/rca4py44

Heriman, M., Dede Atung, Endang Sutisna, Nia Nurhayati, & Ika Kartika. (2024). Pengembangan Kurikulum Berbasis Keterampilan Abad ke-21: Perspektif dan Tantangan. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(6). https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i6.1709

Marope, P. T. M. (2014). Learning and competences for the 21st century. PROSPECTS, 44(4), 483–486. https://doi.org/10.1007/s11125-014-9333-y

Martatiyana, D. R., Derlis, A., Aviarizki, H. W., Jurdil, R. R., Andayani, T., & Hidayat, O. S. (2023). ANALISIS KOMPARASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DAN KURIKULUM 2013. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 96. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v9i1.11600

Masjudin, M. (2024). STRENGTHENING 21ST CENTURY SKILLS THROUGH AN INDEPENDENT CURRICULUM IN MATHEMATICS EDUCATION IN INDONESIA: CHALLENGES, POTENTIAL, AND STRATEGIES. International Journal of Applied Science and Sustainable Development (IJASSD), 6(2), 92–113. https://doi.org/10.36733/ijassd.v6i2.9087

Muhammad, R. R., Lawson, D., Aslam, F., & Crawford, M. (2023). Indonesian Curriculum 2013 Ten Years On: Impact on Mathematics Teaching. Journal of Research in Science, Mathematics and Technology Education, 6(SI), 109–136. https://doi.org/10.31756/jrsmte.616SI

Nahdi, D. S. (2019). KETERAMPILAN MATEMATIKA DI ABAD 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1386

Putri, R. D. R., Ratnasari, T., Trimadani, D., Halimatussakdiah, H., Nathalia Husna, E., & Yulianti, W. (2022). Pentingnya Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Matematika. Science and Education Journal (SICEDU), 1(2), 449–459. https://doi.org/10.31004/sicedu.v1i2.64




DOI: https://doi.org/10.56842/dikmat.v5i01.513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.