PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

Sri Rahmatyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media digital interaktif terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat pemahaman konsep matematika di kalangan siswa yang disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang kurang kontekstual dan tidak interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media digital interaktif dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematika yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman konsep matematika siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Media digital interaktif terbukti meningkatkan keterlibatan siswa, memfasilitasi pembelajaran kontekstual, dan membantu visualisasi konsep abstrak. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi teknologi dalam pembelajaran matematika tidak hanya memperbaiki hasil belajar siswa, tetapi juga berkontribusi pada pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Oleh karena itu, pemanfaatan media digital interaktif direkomendasikan sebagai pendekatan inovatif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika di tingkat pendidikan dasar dan menengah.


Keywords


Media Digital Interaktif; Pemahaman Konsep; Matematika; Pembelajaran Inovatif; Teknologi Pendidikan.

Full Text:

PDF

References


Amanda, F., Sahrun, N., & Suriani, A. (2024). Analisis Kesulitan Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar Ditinjau Dari Berbagai Faktor. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2), 282–293. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i2.2652

Etyarisky, V., & Marsigit, M. (2022). The Effectiveness of Interactive Learning Multimedia with a Contextual Approach to Student’s Understanding Mathematical Concepts. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 3101–3110. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.941

Jannah, G. F., Robicha, N., Khansah Inas Syarifah, & Rasilah, R. (2024). Introduction To Basic Mathematical Concepts Through Learning Media. Journal of Mathematics Instruction, Social Research and Opinion, 4(1), 45–58. https://doi.org/10.58421/misro.v4i1.290

Kaban, L. br, Sari, M. P., Yoki, M., Sihombing, M., & Pratiwi, W. (2023). Interactive Learning Through Digital Media: Enchancing Elementary Math Instruction. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 1(6), 250–257. https://doi.org/10.61132/arjuna.v1i6.331

Mangarin, R. A., & Caballes, D. O. (2024). Difficulties in Learning Mathematics: A Systematic Review. International Journal of Research and Scientific Innovation, XI(IX), 401–405. https://doi.org/10.51244/IJRSI.2024.1109037

Nurmawati, N., Masduki, L. R., Prayitno, E., & Dartani, M. Y. R. (2020). THE IMPLEMENTATION OF INTERACTIVE MULTIMEDIA IN IMPROVING MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES. ETERNAL (English Teaching Journal), 11(2). https://doi.org/10.26877/eternal.v11i2.7567

Rambe, L. H., Malau, L., Manurung, M. E. R., Lubis, N. A., & Denti, W. K. (2023). Literasi Matematika sebagai Kompetensi Utama di Abad 21 dan Implikasinya pada Pendidikan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i1.109

Sengkey, D. J., Deniyanti Sampoerno, P., & Aziz, T. A. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis: Sebuah Kajian Literatur. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 67–75. https://doi.org/10.29303/griya.v3i1.265

Serin, H. (2023). eaching Mathematics: Strategies for Improved Mathematical Performance. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 10(3). https://doi.org/10.23918/ijsses.v10i3p146

Sigarini, K. A., Fitriana, L., & Setiawan, R. (2024). Kanoma: Learning Media to Improve Students’ Understanding Mathematical Concepts. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 8(3), 965. https://doi.org/10.31764/jtam.v8i3.23076

Silva, R. T. da, & Santos, S. X. dos. (2020). Ensino e Aprendizagem de Matemática: uma investigação sobre a prática educacional. Research, Society and Development, 9(10), e3389108561. https://doi.org/10.33448/rsd-v9i10.8561

Tazkiya, F. (2023). THE IMPORTANCE OF MASTERING MATHEMATICAL CONCEPTS IN SOLVING MATHEMATICAL PROBLEMS IN ELEMENTARY SCHOOLS. EZRA SCIENCE BULLETIN, 1(1), 11–17. https://doi.org/10.58526/ez-sci-bin.v1i1.3

Wen-hui, Z. (2005). Review on Mathematical Cognitive Understanding. Journal of Qufu Normal University.




DOI: https://doi.org/10.56842/dikmat.v5i01.510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.