LITERATURE REVIEW: PENGARUH PENDEKATAN REALISTIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Annisa Annisa

Abstract


Pemahaman konsep matematika siswa di Indonesia masih menjadi tantangan serius dalam dunia pendidikan. Banyak siswa mengandalkan hafalan prosedural tanpa benar-benar memahami makna dari konsep-konsep yang dipelajari. Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) hadir sebagai alternatif inovatif yang menekankan pentingnya konteks kehidupan nyata dalam pembelajaran matematika. Artikel ini merupakan kajian pustaka yang bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh pendekatan realistik terhadap pemahaman konsep siswa. Berdasarkan hasil analisis berbagai penelitian, RME terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan konseptual, komunikasi matematis, serta pemecahan masalah siswa. Selain itu, peran guru sebagai fasilitator aktif menjadi faktor penting dalam keberhasilan implementasi pendekatan ini. Meski demikian, tantangan dalam penerapan RME seperti keterbatasan waktu dan sumber daya masih perlu diatasi. Secara keseluruhan, pendekatan realistik memberikan kontribusi positif terhadap perbaikan kualitas pembelajaran matematika dan layak diadopsi secara luas dalam sistem pendidikan Indonesia.


Keywords


Realistic Mathematics Education; pembelajaran matematika; pemahaman konsep; pendekatan kontekstual; inovasi pendidikan

Full Text:

PDF

References


Abdussakir, A. (2010). Realistic Mathematics Education (RME) dan Penerapannya di MI. http://repository.uin-malang.ac.id/1730/

Adicahyo, A. T. G., Suyadi, G., & Caswita. (2023). PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA. 17–23.

Da, N. T. (2022). Designing a teaching model based on the Realistic Mathematics Education (RME) approach and its application in teaching calculus. Journal of Mathematics and Science Teacher, 2(1), em006. https://doi.org/10.29333/mathsciteacher/11918

Ferreira, P. E. A., & Buriasco, R. L. C. de. (2016). Educação matemática realística: uma abordagem para os processos de ensino e de aprendizagem. Educação Matemática Pesquisa, 18(1), 237–252.

Firdaus, I. A., Zawawi, I., & Suryanti, S. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematis Realistik Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(4), 983. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.10837

Hasanah, A., & Istiqomah. (2019). Penerapan Ajaran Tamansiswa Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Membangun Pemahaman Konsep Siswa. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 499–505.

Utami, A. arisma. (2023). Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran (JIPP), 2(2), 23–29. https://doi.org/10.31571/jipp.v2i2.6221

Yonathan, A. B., & Seleky, J. S. (2023). Pendekatan Matematika Realistik Untuk Mengoptimalkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa [Realistic Mathematics Education To Optimize Students’ Understanding of Mathematical Concepts]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 7(2), 143. https://doi.org/10.19166/johme.v7i2.6233




DOI: https://doi.org/10.56842/dikmat.v4i02.503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.