PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TEKNOLOGI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SEKOLAH DASAR

Ika Purwati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh teknologi interaktif terhadap pemahaman konsep matematika siswa di tingkat dasar. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan teknologi interaktif dalam pembelajaran dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi interaktif, seperti alat pembelajaran digital, secara signifikan meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, yang ditunjukkan dengan peningkatan skor posttest kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Selain itu, observasi menunjukkan peningkatan keterlibatan dan motivasi siswa selama pembelajaran. Temuan ini menunjukkan potensi besar teknologi interaktif dalam pendidikan matematika di sekolah dasar, meskipun tantangan dalam implementasinya perlu diperhatikan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi dampak jangka panjang dari teknologi ini dalam pembelajaran matematika.


Keywords


Teknologi Interaktif; Pendidikan Matematika; Pemahaman Konsep; Siswa SD

Full Text:

PDF

References


Huang, Mingjing., Feng, Yidi. (2022). The Cultivation of Students' Logical Thinking in Chinese Primary School Mathematics Education. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 5(2):190-190. doi: 10.31764/ijeca.v5i2.10204

Lajuardi, Setra., Asep, Sopian. (2022). Evaluasi Efektivitas Penggunaan Teknologi Pembelajaran Interaktif dalam Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. doi: 10.56916/bip.v1i2.700

Lutfi, Putri, Nugraheni. (2021). Realistic Mathematics Education: an approach to improve problem solving ability in primary school. 15(4) doi: 10.11591/EDULEARN.V15I4.19354

Mohammed, Irshad. (2024). “Enhancing Mathematical Literacy in School Students: Strategies for Effective Instruction in Basic Math Concepts”. Scholars journal of physics, mathematics and statistics, doi: 10.36347/sjpms.2024.v11i01.001

Sánchez, P., Jácome, L., Sancho, C., Sánchez, R. (2022). Interactive Software for the Learning of Mathematics in Elementary School Students in the Province of Tungurahua. In: Chauvin, M.I.A., Botto-Tobar, M., Díaz Cadena, A., Montes León, S. (eds) Sustainability, Energy and City. CSECity 2021. Lecture Notes in Networks and Systems, vol 379. Springer, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-030-94262-5_15

Slamet, Arifin., Febby, Fajar, Nugraha., Pajar, Prasetyo. (2022). Mathematics Learning Design using Phet Interactive Simulation to Support Students Mathematical Understanding. doi: 10.4108/eai.2-12-2021.2320193

Susanna, Kaitera., Sari, Harmoinen. (2022). Developing mathematical problem-solving skills in primary school by using visual representations on heuristics. LUMAT, 10(2) doi: 10.31129/lumat.10.2.1696

Zikra, Hayati., Khairatul, Ulya. (2022). Developing students’ mathematical understanding using geogebra software. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 22(2):134-134. doi: 10.22373/jid.v22i2.11451




DOI: https://doi.org/10.56842/dikmat.v5i01.502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.