PROBLEMATIKA DAN SOLUSI DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Nurlailatun Ramdani, Nunung Fatimah

Abstract


Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Namun, berbagai studi menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah, ditandai dengan dominannya pendekatan pembelajaran konvensional, minimnya penggunaan soal open-ended, rendahnya penerapan literasi numerasi, serta kurangnya keterampilan guru dalam mendorong berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi problematika serta menawarkan solusi dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan studi literatur. Data dikumpulkan dari berbagai artikel ilmiah, jurnal nasional, dan buku-buku relevan yang membahas tema berpikir kritis, pemecahan masalah, dan inovasi pembelajaran matematika. Teknik analisis data dilakukan dengan pendekatan analisis isi. Hasil kajian menunjukkan bahwa solusi efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa meliputi penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning), penggunaan soal open-ended, integrasi literasi numerasi, pelatihan guru dalam teknik pertanyaan tingkat tinggi, pembelajaran berbasis kolaboratif, serta penguatan refleksi diri dalam proses pembelajaran. Dengan penerapan solusi tersebut, pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa diharapkan dapat berjalan lebih sistematis dan berkelanjutan. Temuan ini memberikan arah bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih inovatif untuk membentuk siswa yang berpikir logis, reflektif, dan adaptif dalam menghadapi tantangan abad ke-21.


Keywords


Berpikir Kritis; Pemecahan Masalah; Pembelajaran Matematika; Soal Open-Ended; Literasi Numerasi.

Full Text:

PDF

References


Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century : Skills for the Future. The Clearing House, 83, 39–43. https://doi.org/10.1080/00098650903505415

Brookhart, S. M. (2010). How to Assess Higher-Order Thinking Skills in Your Classroom. In ASCD. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development (ASCD). https://doi.org/10.1177/002205741808801819

Cahyani, C. D., Suyitno, A., & Pujiastuti. (2022). Studi Literatur: Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Siswa dalam Pembelajaran Matematika. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 272–281. https://doi.org/10.57235/mesir.v1i2.3022

Facione, P. (2015). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. In Measured Reasons LLC & Insight Assessment (Issue ISBN 13: 978-1-891557-07-1.). https://www.insightassessment.com/CT-Resources/Teaching-For-and-About-Critical-Thinking/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts-PDF

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning: What and How do Students Learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235–266. https://doi.org/10.1023/B:EDPR.0000034022.16470.f3

King, F., Goodson, L., & Rohani, F. (2011). Higher Order Thinking Skills: Definition, Teaching Strategies, and Assessment. http://www.cala.fsu.edu/files/higher_order_thinking_skills.pdf

Kuhn, D. (2011). A Developmental Model of Critical Thinking. American Educational Research Association, 28(2), 16–46.

Munawaroh, S., & Siswono, T. Y. E. (2021). Eksplorasi Berpikir Kritis Siswa dalam Aktivitas Collaborative Problem Solving pada Penerapan Barisan dan Deret. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(2), 181–188. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10n2.ppdf_181-188

Novalia, Y., Panjaitan, D. J., & Nurdalilah. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Aktivitas Belajar Matematika pada Pembelajaran berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 493–501. https://www.neliti.com/id/publications/503093/analisis-kemampuan-pemecahan-masalah-dan-aktivitas-belajar-matematika-pada-pembe

OECD. (2019). PISA 2018 Results: Vol. I. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Pakpahan, G. M. B., Aziz, T. A., & Ambarwati, L. (2023). Identification of Critical Thinking Skills in Mathematics Students of Class VIII SMPN 61 West Jakarta. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 98–109. https://doi.org/10.33654/math.v9i1.2102

Partnership for 21st Century Learning (P21). (2019). Framework for 21st Century Learning Definitions. http://www.p21.org/our-work/p21-framework

Paul, R., & Elder, L. (2014). Critical Thinking: Tools for Taking Charge of Your Professional and Personal Life. Pearson Education.

Purbonugroho, H., Wibowo, T., & Kurniawan, H. (2020). Analisis Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Open Ended Matematika. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 53–62. https://media.neliti.com/media/publications/503995-none-3a45d383.pdf

Rukman, N. K., & Zulfikar, R. N. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Soal berbasis Literasi Numerasi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(1), 106–117.

Salahuddin, M., & Ramdani, N. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika berdasarkan Tahapan Polya. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 37–48. https://doi.org/https://doi.org/10.21093/ twt.v8i1.3127 Copyright©

Salahuddin, M., & Syahrir, S. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Memahami Masalah Matematika Materi Fungsi. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 162–167. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1122

Sampson, V., Enderle, P., & Grooms, J. (2013). Argumentation in Science Education: An Introduction.

Schraw, G. (1998). Promoting General Metacognitive Awareness. Instructional Science, 26, 113–125. https://doi.org/10.1023/A

Voogt, J., & Roblin, N. P. (2012). A Comparative Analysis of International Frameworks for 21 st Century Competences : Implications for National Curriculum Policies. J. Curriculum Studies, 44(3), 299–321. https://doi.org/10.1080/00220272.2012.668938

Zohar, A., & Dori, Y. J. (2003). Higher Order Thinking Skills and Low-Achieving Students: Are They Mutually Exclusive? The Journal of the Learning Sciences, 12(2), 145–181.




DOI: https://doi.org/10.56842/dikmat.v4i02.498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.