ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI PERKALIAN MENGGUNAKAN METODE POROGAPIT DI SDN O,O MPILI KECAMATAN DONGGO

Sumarni Sumarni, Nurwalidainismawati Nurwalidainismawati, Nurlailatun Ramdani, Sri Suryaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika khususnya pada materi perkalian menggunakan metode porogapit. Metode porogapit atau metode pembagian bersusun dikenal sebagai salah satu teknik dasar yang digunakan untuk operasi aritmatika perkalian. Meskipun metode ini sering diajarkan di sekolah dasar, banyak siswa yang masih menghadapi kesulitan dalam penerapannya. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan wawancara yang di validasi dengan triangualsi sumber. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas V SDN O’o dengan jumlah 9 orang siswa yang beralamatkan di Desa Mpili Kecamatan Donggo. Tahap analisis mengacu pada Miles dan Huberman dengan menggunakan empat tahapan analisis. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Tingkat kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal perkalian matematika menggunakan metode porogapit terletak pada kesulitan dalam memahami konsep soal, kesulitan dalam melakukan operasi hitung perkalian matematika, serta kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika. Kesimpulannya bahwa tingkat kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika menggunakan metode porogapit disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu pemahaman konsep yang kurang, kesalahan prosedural, dan faktor psikologis. Maka untuk mengatasi masalah tersebut, guru perlu meningkatkan pemahaman konseptual, melakukan pendekatan bertahap dalam pembelajaran, melakukan latihan secara terus menerus serta memberikan motivasi kepada siswa.

Keywords


Tingkat Kesulitan; Soal Perkalian Matematika; metode porogpit.

Full Text:

PDF

References


Andriani, D., & Susanto, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Peningkatan Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 123-134.

Ermawati, D., Dyah, F., Pratiwi, A., Ummayyah, M., Khotimah, K., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Berhitung Pembagian dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 4698–4709.

Fajarsari, D. A., Purnamasari, V., & Sary, R. M. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman Soal Cerita Materi Perkalian Di Sekolah Dasar. UPGRIS :Universitas PGRI Semarang, 4(September), 244–256.

Hadaming, H., & Wahyudi, A. A. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(4), 213–220. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i4.484

Haryanto, E., & Mulyono, T. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Operasi Bilangan di Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika, 7(1), 56–72.

Izazayah, S. (2023). Analisis Kesalahan Siswa SD Dalam Menyelesaikan Soal Pembagian Bersusun Porogapit Berdasarkan Kemampuan Matematika. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 15(1), 1–6.

Lestari, R., & Sukiman, A. (2019). Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 11(2), 88–96.

Nurwalidainismawati. (2022). ANALISIS TIPE KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI NEWMAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 03(02), 7–16.

Putra, A. S., & Rahayu, D. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika dengan Metode Tradisional dan Modern. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(1), 34–45.

Safitri, A. N., & Sari, R. (2020). Hubungan Pemahaman Konsep Dasar Matematika dengan Kemampuan Operasi Bilangan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 67–75.

Santoso, B., & Hartono, E. (2022). Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Soal Matematika pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 15(2), 44–57.

Sari, M., & Indrawati, N. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Siswa dalam Belajar Matematika pada Materi Perkalian di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika Dasar, 8(2), 94–103.

Suryadi, T., & Amalia, F. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Operasi Bilangan. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 13(3), 123–130.

Widiastuti, E., & Nugraheni, R. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Kreatif dalam Mengurangi Kesulitan Siswa Memahami Konsep Perkalian di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 10(4), 78–89.




DOI: https://doi.org/10.56842/dikmat.v5i02.497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.