IMPLEMENTASI PERMAINAN GOPA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN NUMERASI SISWA

Nurlailatun Ramdani, Sri Suryaningsih, Nurwalidainismawati Nurwalidainismawati

Abstract


Masalah utama yang dihadapi dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar adalah rendahnya minat dan keterlibatan siswa dalam proses belajar, terutama bagian numerasi. Untuk mengatasi hal tersebut maka penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi permainan Gopa dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan keterampilan numerasi siswa sekolah dasar. Permainan Gopa, yang diadaptasi dari permainan tradisional engklek, menggabungkan unsur fisik, strategi, dan penyelesaian soal matematika secara kolaboratif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus eksploratif, melibatkan 19 siswa kelas III SDN Pandai yang dibagi menjadi dua kelompok, serta seorang guru sebagai fasilitator. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan Gopa berhasil meningkatkan keterlibatan siswa, menciptakan atmosfer belajar yang aktif dan kolaboratif, serta membantu siswa memahami konsep matematika dengan cara yang menyenangkan. Wawancara dengan siswa dan guru mengindikasikan bahwa permainan ini juga meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman materi. Penelitian ini menyarankan bahwa penggunaan permainan tradisional seperti permainan Gopa dapat menjadi alternatif efektif untuk meningkatkan keterampilan numerasi siswa di sekolah dasar.

Keywords


Permainan Gopa; Keterampilan Numerasi; Pembelajaran Matematika; Siswa

Full Text:

PDF

References


Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Educatio Journal), 3(1), 93–103.

Febriyanti, C., Prasetya, R., & Irawan, A. (2018). Etnomatematika pada Permainan Tradisional Engklek dan Gasing Khas Kebudayaan Sunda. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapam, 12(1), 16. https://doi.org/10.30598/vol12iss1pp16ar358

Kamsurya, R., & Masnia. (2021). Desain Pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik Menggunakan Konteks Permainan Tradisional Dengklaq untuk Meningkatkan Keterampilan Numerasi Siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4), 67–73.

Miles, Mathew. B & Huberman, A. M. (2014). Analisis Data Kualitatif.

jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press) Napfiah, S., Yazidah, N. I., & Pebrianti, C. (2023). Penerapan Strategi Belajar Literasi Numerasi Sebagai Bentuk Peningkatan Mutu Baca Dan Hitung Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 4(1), 20–25.

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis:

Mathematics Education Journal, 3(1), 9 15.

Purnomo, I. D., Tomoliyus, T., & Burhaein, E. (2019). Development of Learning Activities Playing a Ball on a Goal To Improve Manipulative Skills For Lower Class Students. ICTSTI https://doi.org/10.4108/eai.19-10 2018.2281716

Putri, A. K., 2018. & Hidayati, K. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 1(1), 97–106.

https://doi.org/10.21154/ibriez.v1i1.14

Rahmawati, R., Istiningsih, S., & Setiawan, H. (2022). Pengembangan

Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Permainan Mpa ’ a Gopa untuk Keterampilan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas IV Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(1), 825–835.

Ramdani, N., & Fatimah, N. (2021a). Kemampuan Literasi Matematika dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Woha. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3), 588–595.

https://doi.org/10.58258/jime.v7i3.2322

Ramdani, N., & Fatimah, N. (2021b). Pelaksanaan Sadar Numerasi dengan Menggunakan Lagu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 3(2), 65–71. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v3i2.146

Ratnasari, J. R., & Setiawan, Y. E. (2022). Literasi Numerasi Siswa

dalam Pemecahan Masalah Segiempat Dan Trapesium. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2533–2544.

https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5714

Slavin, R. E., Hurley, E. A., & Chamberlain, A. (2003). Cooperative Learning and Achievement: Theory and Research. In Handbook

of Psychology. https://doi.org/10.1002/0471264385.wei0709

Ulfaeni, S., Wakhyudin, H., & Saputra, H. J. (2017). Pengembangan Media Monergi (Monopoli Energi) untuk Menumbuhkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa SD. Profesi Pendidikan Dasar, 4(2),

–144. https://doi.org/10.23917/ppd.v4i2.4990

Widyastuti, L. R., Malik, L. R., & Razak, A. (2020). Efektivitas Permainan Tradisional Engklek dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Junal PRIMATIKA, 9(1), 19–24.




DOI: https://doi.org/10.56842/dikmat.v5i02.496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.