IMPLEMENTASI PERMAINAN GOPA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN NUMERASI SISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Educatio Journal), 3(1), 93–103.
Febriyanti, C., Prasetya, R., & Irawan, A. (2018). Etnomatematika pada Permainan Tradisional Engklek dan Gasing Khas Kebudayaan Sunda. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapam, 12(1), 16. https://doi.org/10.30598/vol12iss1pp16ar358
Kamsurya, R., & Masnia. (2021). Desain Pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik Menggunakan Konteks Permainan Tradisional Dengklaq untuk Meningkatkan Keterampilan Numerasi Siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4), 67–73.
Miles, Mathew. B & Huberman, A. M. (2014). Analisis Data Kualitatif.
jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press) Napfiah, S., Yazidah, N. I., & Pebrianti, C. (2023). Penerapan Strategi Belajar Literasi Numerasi Sebagai Bentuk Peningkatan Mutu Baca Dan Hitung Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 4(1), 20–25.
Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis:
Mathematics Education Journal, 3(1), 9 15.
Purnomo, I. D., Tomoliyus, T., & Burhaein, E. (2019). Development of Learning Activities Playing a Ball on a Goal To Improve Manipulative Skills For Lower Class Students. ICTSTI https://doi.org/10.4108/eai.19-10 2018.2281716
Putri, A. K., 2018. & Hidayati, K. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 1(1), 97–106.
https://doi.org/10.21154/ibriez.v1i1.14
Rahmawati, R., Istiningsih, S., & Setiawan, H. (2022). Pengembangan
Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Permainan Mpa ’ a Gopa untuk Keterampilan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas IV Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(1), 825–835.
Ramdani, N., & Fatimah, N. (2021a). Kemampuan Literasi Matematika dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Woha. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3), 588–595.
https://doi.org/10.58258/jime.v7i3.2322
Ramdani, N., & Fatimah, N. (2021b). Pelaksanaan Sadar Numerasi dengan Menggunakan Lagu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 3(2), 65–71. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v3i2.146
Ratnasari, J. R., & Setiawan, Y. E. (2022). Literasi Numerasi Siswa
dalam Pemecahan Masalah Segiempat Dan Trapesium. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2533–2544.
https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5714
Slavin, R. E., Hurley, E. A., & Chamberlain, A. (2003). Cooperative Learning and Achievement: Theory and Research. In Handbook
of Psychology. https://doi.org/10.1002/0471264385.wei0709
Ulfaeni, S., Wakhyudin, H., & Saputra, H. J. (2017). Pengembangan Media Monergi (Monopoli Energi) untuk Menumbuhkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa SD. Profesi Pendidikan Dasar, 4(2),
–144. https://doi.org/10.23917/ppd.v4i2.4990
Widyastuti, L. R., Malik, L. R., & Razak, A. (2020). Efektivitas Permainan Tradisional Engklek dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Junal PRIMATIKA, 9(1), 19–24.
DOI: https://doi.org/10.56842/dikmat.v5i02.496
Refbacks
- There are currently no refbacks.