MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN BRAIN STORMING SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA BIMA

Rizcky Juliawan

Abstract


Berdasarkan hasil observasi awal, terdeteksi bahwa pemberian materi dengan menggunakan latihan maupun pekerjaan rumah belum cukup untuk meningkatkan hasil belajar siswa, diperoleh keterangan bahwa siswa merasa bosan dengan pendekatan yang diterapkan oleh guru. Selain itu, tidak cocoknya pendekatan yang digunakan dalam menyampaikan materi pelajaran membuat motivasi siswa kurang semangat dalam menerima pelajaran. Salah satu upaya yang dapat memecahkan masalah tersebut adalah dengan penerapan pendekatan Brain Storming. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika melalui penerapan pendekatan Brain Storming. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi setiap siklus. Hasil yang diperoleh berupa data kualitatif yang menunjukan peningkatan aktivitas belajar dimana pada siklus I rata-rata skor aktivitas belajar siswa sebesar 2,99 dengan kategori aktif dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata skor aktivitas belajar siswa sebesar 3,27 dengan kategori sangat aktif. Data kuantitatif menunjukan peningkatann hasil belajar dimana pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 66,74 meningkat menjadi 70,65 pada siklus II begitu juga dengan ketuntasan klasikal yang diperoleh dimana pada siklus I tercapai 78,26% kemudian meningkat menjadi 91,30% pada siklus II. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Brain Storming dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian, PT, Rineka Cipta, Jakarta

Barkley, E.E., Cross, K.P., and Major, C.H. (2005). Collaborative Learning

Techniques. New York: Jossey-Bass.

Heartland Area Education Agency 11. (2006). Strategi and Tools for Group

Processing. [online]

KM Markham, JJ Mintes. 1994 The concept map as a research and evaluation tool: Further evidence of validity. Journal of Research in Science Teaching – ERIC.

Lisnawati. 1993. Metode Pengajaran Matematika. Jakarta: Rineka Cipta.

NS Nurafriani (2012). Pengaruh Metode Pembelajaran Brain Storming tehadapa kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaranmatematika.Repository.Syekhnurjati.ac.id

Roestiyah & Y. Soeharto. 2008. Strategi belajar Mengajar. Jakarta : Bima Aksara.

Soedjadi, R. (2007). Seri Pembelajaran Matematika Realistik untuk Guru dan Orang Tua Siswa. Masalah Kontekstual sebagai Batu Sendi Matematika sekolah, Surabaya: Unesa University Press.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) Tahun 2003.

Zhao, z. 2010. The study on influencing factora of team brainstorming. International journal pf business and management. 5(1): 181-184.




DOI: https://doi.org/10.56842/dikmat.v2i01.46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.