KESULITAN SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATERI GEOMETRI BANGUN RUANG DITINJAU DARI PERSEPSI GURU
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustami, R. P., Wiyanto, & Alimah, S. (2017). Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Pembelajaran IPA Terpadu Serta Implikasinya di SMP. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 97–103.
Akhsani, L., Sukestiyarno, & Wiyanto. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Metode Circ Berbasis Membaca Berbantuan CD Interaktif Materi Segiempat Kelas VII. UJRME Unnes Journal of Research Mathematics Education, 1(1), 44–49.
Arifin. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing pada Lesson Study Pembelajaran Materi Transformasi Berbantu Geogebra. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2), 16–25.
Clement, I. O., Patience, O. O., & Nanna, U. K. (2014). Effect of Improvised Instructional Materials on Students’ Achievement in Geometry at the Upper Basic Education Level in Makurdi Metropolis, Benue State, Nigeria. American Journal of Educational Research, 2(7), 538–542. https://doi.org/10.12691/education-2-7-17
Deviani, R., Ramlah, & Adirakasiwi, A. G. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (SESIOMADIKA) 2017, II(1), 432–439.
Fauzi, A., Sawitri, D., & Syahrir, S. (2020). Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 142–148. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1119
Hadiyanto, F. R., Susanto, H., & Qohar, A. (2016). Identifikasi Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Geometri. Conference Paper, August, 332–339.
Hasanah, N. (2016). Upaya Guru dalam Mengatasi Siswa Berkesulitan Belajar Matematika di Kelas IV SDIT Ukhuwah Banjarmasin. Jurnal PTK & Pendidikan, 2(2), 27–34.
Jha, S. K. (2012). Mathematics Performance of Primary School Students in Assam (India): An analysis Using Newman Procedure. International Journal of Computer Applications in, II (I), 17–21.
Jiwa, I. W., Dantes, N., & Marhaeni, A. A. I. N. (2013). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Tematik Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar pada Siswa Kelas IV Gugus Empat Di Kecamatan Gianyar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian Dan Evaluasi Pendiidikan, 3, 2013.
Kamariah. (2014). Deskripsi Persepsi Guru Matematika Berstatus Sertifikasi Terhadap Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada SMP Negeri. Magistra, 2(1), 155–168.
Khofiatun, Akbar, S., & Ramli, M. (2016). Peran Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 984–988.
Khoiri, M. (2014). Pemahaman Siswa Pada Konsep Segiempat Berdasarkan Teori van Hiele. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas Jember, November, 262–267.
Kristanti, D. (2014). Memahamkan Siswa Tentang Materi Bangun Datar di Kelas V SD Negeri Tunjungsekar III Malang dengan Media Papan Berpaku. Jurnal Genta Mulia, V(2), 21–36.
Lembang, S. T. (2017). Deskripsi Persepsi Guru Tentang Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMA Negeri Kota Rantepao. Jurnal KIP, 4(3), 933–940.
Mursalin. (2016). Pembelajaran Geometri Bidang Datar di Sekolah Dasar Berorientasi Teori Belajar Piaget. DIKMA (Jurnal Pendidikan Matematika), 4(2), 250–258.
Mutia. (2017). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Memahami Konsep Kubus Balok dan Alternatif Pemecahannya. Beta, 10(1), 83–102. https://doi.org/: http://dx.doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.107
Nurhasanah, F., Kusumah, Y. S., & Sabandar, J. (2017). Concept of Triangle : Examples of Mathematical Abstraction in Two Different Contexts. IJEME - International Journal on Emerging Mathematics Education, 1(1), 53–70. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.12928/ijeme.v1i1.5782
Ochieng, K. R., Kiplagat, P., & Nyongesa, S. (2016). Influence of Teacher Competence on Mathematics Performance in KCSE Examinations Among Public Schools in Nyatike Subcounty, Migori County Kenya. International Journal of Secondaru Eduation, 4(5), 44–57. https://doi.org/10.11648/j.ijsedu.20160405.11
Octavianti, F., Setiawan, T. B., & Trapsilasiwi, D. (2013). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Sub Pokok Bahasan Keliling dan Luas Bangun Segitiga dan Segi Empat Siswa Kelas VII di Smp Negeri 1 Ajung Semester Genap Tahun Ajaran 2012/20. Pancaran Pendidikan, 3(1), 10–13.
Özerem, A. (2012). Misconception in Geometry and Suggested Solutions for Seventh Grade Students. International Journal of New Trends in Arts, Sports & Sciences Education (IJTASE), 1(4), 23–35.
Panaoura, G., & Gagatsis, A. (2009). The Geometrical Reasoning of Primary and Secondary School Students. Proceedings of CERME, 746–755.
Pradika, L. E., & Murwaningtyas, C. E. (2012). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII I Smp N 1 Karanganyar dalam Mengerjakan Soal pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Serta Upaya Remediasinya dengan Media Bantu Program Cabri 3D. Prosiding Seminar Naisonal Matematika Dan Pendidikan Matematika Dengan Tema ”Kontribusi Pendidikan Matematika Dan Matematika Dalam Membangun Karakter Guru Dan Siswa" Pada Tanggal 10 November 2012 Di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, November, 978–979.
Prasetyo, A. A., Subanji, & Chandra, T. D. (2014). Diagnosis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri-PISA Melalui Pemetaan Kognitif dan Upaya Mengatasinya dengan Scaffolding. Universitas Negeri Malang.
Putra, A. P., Riyadi, & Sujadi, I. (2014). Eksperimentasi Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan Open Ended pada Materi Segitiga dan Segiempat Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VII SMP Negeri Se-Kabupaten Pacitan. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(4), 369–378.
Roskawati, Ikhsan, M., & Juandi, D. (2015). Analisis Penguasaan Siswa Sekolah Menengah Atas pada Materi Geometri. Jurnal DIdaktik Matematika, 2 (1), 64–70.
Rostika, D. (2008). Pembelajaran Volume Bangun Ruang Melalui Pendekatan Konstruktivisme untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9.
Sasmi, F. D., Aima, Z., & Fitri, D. Y. (2014). Pengembangan LKS Berbasis Guided Discovery (Penemuan Terbimbing) pada Pokok Bahasan Bangun Datar Segi Empat Kelas VII Semester 2 MTs Lunto Kota Sawahlunto. STKIP PGRI Sumatera Barat.
Singh, P., Rahman, A. A., & Hoon, T. S. (2010). The Newman Procedure for Analyzing Primary Four Pupils Errors on Written Mathematical Tasks: A Malaysian Perspective. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8(5), 264–271. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.036
Suandito, B. (2017). Bukti Informal dalam Pembelajaran Matematika. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 13–23.
Sukayasa. (2012). Penerapan Pendekatan Konstruktivis untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Karunadipa Palu pada Konsep Volume Bangun Ruang. Jurnal Peluang, 1(1), 57–70.
Sulaiman. (2015). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Berbasis Konsep Geometri Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Jurnal E-DuMath, 1(2), 106–113.
Sumardyono. (2004). Karakteristik Matematika dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Matematika. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru Matematika.
Sumiaty. (2009). Penggunaan Alat Peraga Tiga Dimensi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Geometri Bangun Ruang (Penelitian Tidakan Kelas yang Dilakukan pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Nagrikaler Purwakarta Tahun Ajaran 2006/2007). Jurnal Metodik Didaktik, 4(1).
Suriansyah, A., & Mahriati, S. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Sifat-Sifat Bangun Ruang dengan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dan Media Realia Siswa Kelas V SDN Pengamban 8 Kota Banjarmasin. Jurnal Paradigma, 11(2), 5–10.
Tiyas, Y. F. W. ., Fatahillah, A., & Susanto. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding yang Diberikan. Kadikma, 8(1), 40–51.
Widyaningrum, R. (2012). Model Pembelajaran Tematik di MI/SD. Cendekia, 10(1), 108–120.
Wulandari, & Rosyidi, A. H. (2013). Profil Pengetahuan Konseptual Siswa SMP di Jenjang Proses Kognitif Menganalisis Pada Materi Segi Empat Berdasarkan Jenis Kelamin. Jurnal Kreano, 4(2), 174–181
DOI: https://doi.org/10.56842/dikmat.v2i01.45
Refbacks
- There are currently no refbacks.