MENGATASI PROBLEMATIKA PENGETAHUAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL DENGAN PENDEKATAN ANTISIPASI DIDAKTIS MATERI POLA BILANGAN SISWA KELAS VIII DI SMP 13 MALANG

Nurlailatun Ramdani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi problematika pengetahuan konseptual dan prosedural dengan pendekatan antisipasi didaktis pada materi pola bilangan siswa kelas VIII di SMP 13 Malang. Subjek penelitiannya yaitu 3 orang siswa kelas VIII C. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitis dengan pendekatan studi kasus klinis, instrument yang digunakan berupa tes uraian yang berjumlah empat soal kemudian dilakukan wawancara dan didokumentasi. Sebelum diberikan pendekatan antisipasi didaktis subjek penelitian mengalami problematika pengetahuan. Setelah diberikan pendekatan antisipasi didaktis, problematika yang dialami siswa dapat diminimalkan. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya pengetahuan konseptual dan prosedural matematika siswa. Sehingga melalui pendekatan antisipasi didaktis ini maka problematika pengetahuan konseptual dan prosedural  siswa pada materi pola bilangan dapat diatasi

Keywords


Problematika dalam belajar, Pengetahuan Konseptual dan Prosedural, Pendekatan Antisipasi Didaktis

Full Text:

PDF

References


Alfian, Heri. (2016). Mengatasi Hambatan Pemahaman Konseptuan Matematis dengan Pendekatan Antisipasi Didaktis Materi Dalil Pythagoras di SMP. Jurnal Universitas Tanjungpura.

Awofala, Adeneye O. A. (2017). Assessing Senior Secondary School Students’ Mathematical Proficiency as Related to Gender and Performance in Mathematics in Nigeria. International Journal of Research in Education and Science. Volume 3, Issue 2. ISSN: 2148-9955.

Eryandi, Yayan., et al. (2016). Learning Materials Design Pattern Numbers Context Making Kemplang In Class IX. Journal on Mathematics Education. Volume 7, No. 2, pp. 101-108.

ExaMaster. (2016). Sapu Bersih Ujian Matematika SMP/MTS. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Fatqurhohman. (2016). Transition Process of Procedural to Conceptual Understanding in Solving Mathematical Problems. International Education Studies. Vol. 9, No. 9. ISSN 1913-9020 E-ISSN 1913-9039.

Khair, Muhammad Sa’duddien., dkk. (2018). Kesalahan Konsep dan Prosedur Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Ditinjau dari Gaya Berpikir. Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian dan Pengembangan. Volume. 3 Nomor. 5. Halaman 620-633.

Khoule, Alioune., etc. (2017). Impact of Conceptual and Procedural Knowledge on Students Mathematics Anxiety.International Journal of Educational Studies in Mathematics. 4 (1), 8-18 .

Maryono., et al. (2017). Implementation of Pedagogical Content Knowledge (PCK) of Mathematics Teachers in Teaching Practice: A Case Study. International Education Studies. Vol. 10, No. 3.

Peter Cho, Courtney Nagle. (2017). Procedural and Conceptual Difficulties with Slope: An Analysis of Students’ Mistakes on Routine Tasks. International Journal of Research in Education and Science. Volume 3, Issue 1 ISSN: 2148-9955.

Rittle-Johnson, B., & Schneider, M. (2014). Developing Conceptual and Procedural Knowledge of Mathematics, 1.

Rosli, Roslinda., et al. (2014). The Effects of Problem Posing on Student Mathematical Learning: A Meta-Analysis. International Education Studies. Vol. 7, No. 13. ISSN 1913-9020 E-ISSN 1913-9039.

Star, J. R., & Stylianides, G. J. (2013). Procedural and Conceptual Knowledge: Exploring the Gap Between Knowledge Type and Knowledge Quality. Canadian Journal of Science, Mathematics and Technology Education, 13(2), 169–181.

Taryana, Ayep. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Pola dan Barisan Bilangan Pada Siswa Kelas IX Di SMP Negeri 3 Lembang Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 1, Nomor 1

Tim Redaksi Pustaka Yustisia. (2009). Kompilasi Perundang Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Yustisia.

Yudianto, E. (2013). Profil Pengetahuan Konseptual dan Pengetahuan Prosedural Siswa dalam Mengidentifikasi Masalah Pecahan. Jurnal AdMathEdu, 3(1), 27–36.




DOI: https://doi.org/10.56842/dikmat.v2i01.44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.