ANALISIS REPRESENTASI MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI RELASI

Sindi Nur Diansyah, Azra Fauzi

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui proses representasi matematis siswa dalam pembelajaran materi relasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 mahasiswa studi pendidikan matematika. Data dikumpulkan dengan mendeskripsikan kegiatan belajar mengajar dengan memberikan LKS. Instrumen, LKS dan RPP. Penelitian ini hanya menggunakan satu kali pertemuan, dengan tahapan awal merancang pembelajaran kemudian mendeskripsikan segala kegiatan selama pembelajaran dan menganalisis standar proses pada representasi matematika. Hasil analisis dibahas dikaitkan dengan teori-teori yang sesuai dengan pembahasan.

Keywords


Representasi, Pembelajaran matematika, dan Relasi

Full Text:

PDF

References


Alhadad, S.F. (2010). Meningkatkan Kemampuan Representasi Multiple Matematis, Pemecahan Masalah Matematis dan Self-esteem Siswa SMP melalui Pembelajaran dengan Pendeatan Open-Ended. Disertasi SPs UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.

Bosse, M. J., Gyamfi, K. A& Chandler, K. (2014). Students Differented Translation Processes, (Online),(http://www.cimt.plymouth.ac.uk/journal/bosse5.pdf).

Duval, R. (2006). The cognitive analysis of problems of comprehension in the learning of mathematics. Mediterranean Journal for Research in Mathematics Education, 1(2), 1-16.

F. H. S, Zain , F. E. M, Rasidi, I.I.Z, Abidin. (2012). Student-Centred Learning In Mathematics – Constructivism In The Classroom. Journal of International Education Research – Fourth Quarter Volume 8, Number 4.

Goldin, G.A. (1998). Representational systems, learning, and problem solving in mathematics. Journal of Mathematical Behavior, 17(2), 137-165.

Hwang, W.-Y., Chen, N.-S., Dung, J.-J., & Yang, Y.-L. (2007). Multiple Representation Skills and Creativity Effects on Mathematical Problem Solving using a Multimedia Whiteboard System. Journal of Educational Technology & Society, 10 (2), 191-212.

Michaelidou, N, et al. (2004). The Number Line as a Representasion Decimal Number. Journal for Research in Mathematics Education. 38, 173 – 192.

O’Neill, G., & McMahon, T. (2005). Student-centered learning: what does it mean for students and lecturers? 27- 36. Retrieved from http://www.aishe.org/readings/2005-1/

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.

Neria, D. & Amit, M. (2004). Students Preference of Non-Algebraic Representations in Mathematical Communication. Proceedings of the 28th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematical Education, 2004. Vol. 3 pp 409 – 416.




DOI: https://doi.org/10.56842/dikmat.v2i01.43

Refbacks

  • There are currently no refbacks.