Profil Penalaran Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Membuktikan Rumus Luas Bangun Datar Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif Visualiser-Verbaliser

Muhammad Salahuddin, A Haris, Muhammad Yamin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara lengkap profil penalaran mahasiswa Prodi Matematika STKIP Harapan Bima dalam membuktikan rumus luas bangun datar ditinjau dari perbedaan gaya kognitif visualiser-verbaliser. Perbedaan gaya kognitif Visualiser-verbaliser dilihat dengan menggunakan Tes Gaya Kognitif (TGK) yang dikembangkan oleh Mendelson & Thorson. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan pemberian tes berupa pembuktian luas bangun datar dan wawancara. Untuk memperoleh data yang valid, peneliti melakukan dua kali wawancara pada setiap subjek penelitian. Selanjutnya, data yang diperoleh ditriangulasi. Kemudian data yang valid dianalisis untuk memperoleh kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang memiliki gaya kognitif visualiser dan verbaliser sama-sama menggunakan logi dalam proses pemecahan masalahnya, baik pada tahap memahami masalah, perencanaan, penerapan dan memeriksa kembali

Keywords


Profil Penalaran, Kognitif Visualiser & Verbaliser

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zaenal. (2010). Membangun Kompetensi Pedagogis Guru Matematika. Surabaya : Lentera Cendekia.

Artz, Alice. F dan Yalos-Femia, S. (1999). Mathematical Reasoning during small group problem solving. Dalam lee V. Stiff dan Frances R. Curcio. Developing Mathematical Reasoning in Grade K-12, 115-126. The National Council of Teacher of mathematics, Inc

McEwan, R. C., Reynolds, S. (2007). Verbaliser and Visualiser: Cognitive Styles Are Less than Equal. http://www.fansa.ca/sites/default/files/file_attachments/mcewan2007.pdf. Download 25 Oktober 2012. Diakses pada 25 Oktober 2012

Mendelson, Andrew.L. 2004. For whoognitif Style and Attention on Processing of News Photos. Philadelpia: Journal of Literacy Volume 24.

NCTM. 2000. Lerning and Teaching Geometry, K-12. Rseton, Virginia: National Council of Teachers of mathematics.

Panjaitan, Binur. (2012). Profil Proses Kognitif Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Disertasi. Surabaya: UNESA.

Reid, david. A. 2002. Conjectures and refutations in Grade 5 Mathematics. Journal for research in Mathematocs Education. Vol 33, No. 1, 5-29

Slavin, E. Robert. (2011). Psikologi Pendidikan teori dan Praktik. Jakarta : PT, Indeks.

Susan, H., Collinson, G.2005. Achieving Evidence-Based Practice: A Handbook for Practitioners. USA: Elsevier limited, Second Edition.




DOI: https://doi.org/10.56842/dikmat.v1i02.22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.