Kefektivan Permainan Tradisional “Mpa’a Gopa” Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Pembelajaran Matematika Materi Geometri

Lisda Ramdhani, Nur Anisa, Tiara Sani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivan permainan tradisional mpa’a gopa pada pembelajaran matematika dan memanfaatkan permainan tradisional ini sebagai salah satu media pembelajaran matematika pada materi geometri SMP. Penelitian ini dilakukan di Desa Mbawa, Kecamatan Donggo, Kabupaten Bima dan dilakukan pada beberapa anak dengan tingkat pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP). penelitian ini menggunakan pendekatan saintifik terhadap penelitian kualitatif, dimana instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur serta mengumpulkan bahan-bahan kajian mengenai kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP pada materi geometri bidang datar. Kemampuan berpikir kritis siswa diperlukan agar siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang ada. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam permainan tradisional mpa’a gopa terdapat unsur pembelajarn matematika yaitu Pada petak mpa’a gopa terdapat konsep geometri bangun datar, seperti persegi,setengah lingkaran,membilang,kesebangunan dan kekongruenan. Sedangkan konsep matematika probabilitas terdapat pada pola pemain mpa’a gopa. Dimana konsep-konsep matematika tersebut memang tidak secara jelas diketahui oleh anak-anak. Sehingga dengan permainan tradisional mpa’a gopa ini diharapkan anak-anak dapat lebih meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika di kehidupan sehari-hari yang mungkin memang dianggap sulit oleh siswa.


Keywords


Efektif, Permainan Tradisional, Berpikir Kritis, Konsep Geometri

Full Text:

PDF

References


Anggraini, G., & Pujiastuti, H. (2020). Peranan permainan tradisional engklek dalam mengembangkan kemampuan matematika di Sekolah Dasar. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(1), 87-101.

Aprilia, E. D., Trapsilasiwi, D., & Setiawan, T. B. (2019). Etnomatematika pada permainan tradisional Engklek beserta alatnya sebagai bahan ajar. Kadikma, 10(1), 85-94.

Arends, D., & Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning: Becoming an accomplished teacher. Routledge.

Arista, L. O., Handayanto, A., & Damayani, A. T. (2018). Efektivitas model pembelajaran numbered-head together berbantu media permainan tradisional engklek terhadap hasil belajar matematika kelas III SDN Bendungan Semarang. Jurnal Guru Kita PGSD, 2(3), 47-56.

Bergeron, S., Binik, Y. M., Khalifé, S., Pagidas, K., Glazer, H. I., Meana, M., & Amsel, R. (2001). A randomized comparison of group cognitive–behavioral therapy, surface electromyographic biofeedback, and vestibulectomy in the treatment of dyspareunia resulting from vulvar vestibulitis. Pain, 91(3), 297-306.

Butsi, E. (2015). Pemanfaatan etnomatematik melalui permainan engklek sebagai sumber belajar. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 155-162.

Dewanti, S. S. (2015). Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Pembelajaran Menggunakan Bahan Ajar Geometri ANalitik Berbasis Guided Discovery. AdMathEdu, 5(2), 57124.

Febriyanti, D. A., & Ain, S. Q. (2021). Pengembangan modul matematika berbasis etnomatematika pada materi bangun datar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1409-1417.

Firdaus, L. (2019). Analysis of students ’ critical thinking in solving geometry problem based on learning archivement Analysis of students ’ critical thinking in solving geometry problem based on learning archivement. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/3/032002

Handayani, S. T., & Suparni, S. (2022). Nilai-Nilai Karakter Dan Etnomatematika Dalam Permainan Tradisional Ingkling. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 140–147. https://doi.org/10.26618/sigma.v14i2.7014

Iswinarti, I., & Cahyasari, A. (2017). Meningkatkan konsentrasi anak attention deficit hyperactivity disorder melalui permainan tradisional engklek. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1.

Kane, S. N., Mishra, A., & Dutta, A. K. (2016). Preface: International Conference on Recent Trends in Physics (ICRTP 2016). Journal of Physics: Conference Series, 755(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/755/1/011001

Kuebli, J. E., Harvey, R. D., & Korn, J. H. (2008). Critical thinking in critical course: principles and applications. Teaching Critical Thinking in Psychology: A Handbook of Best Practices (2008), 137.

Lestari, S. E. C. A., Hariyani, S., & Rahayu, N. (2018). Pembelajaran kooperatif tipe TGT (teams games tournament) untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(3), 116-126.

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi numerasi siswa dalam pemecahan masalah tidak terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69-88.

Mulyasari, D. W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Etnomatematika “Permainan Engklek” terhadap Pemahaman Konsep Geometri dan Karakter Cinta Tanah Air Siswa Kelas 3 SDN 4 Sepanjang Glenmore. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/21807

Novitasari, K., Hasanah, M., & Pratiwi, Y. (2017). Pemanfaatan Gambar sebagai Media dalam Pembelajaran Menulis Karangan Narasi. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 763-769).

Nur, R., Budiyani, E., Febrian, S. A., Nurjanah, R., & Muhaenifah, I. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII pada Materi Geometri Ditinjau dari Gaya Belajar Analysis of Class XII Students ’ Critical Thinking Ability on Geometry Material in Term of Learning Style. 1(2), 64–70.

Peter, E E. (2012). Critical Thinking: Essence for Teachiing Mathematics and Mathematics Problem Solving Skill. African Journal of Mathematics and Computer Science Research, 5(3): 39-43. doi: 10.5897/AJMCSR11.161.

Prantoro, G. (2015). Pengaruh Penggunaan Permainan Tradisional Bakiak Dan Engklek Terhadap Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan.

Putri, A. A. S. P. A., & Sujana, I. W. (2020). Traditional Game “Bakiak” Assisted Project-Based Learning Model Influences Students’ Social Skills. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(3), 463. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i3.25360

Rusyad, S. (2020). Kompilasi Permainan Rakyat: Menggali Nilai-Nilai Budaya Pada Khazanah Folklor Indonesia. Abqarie Books.

Sabon, Y. O. S., Putro, N. H. P. S., & Rahim, A. (2021). Etnomatematika Dan Nilai Karakter Dalam Permainan Tradisional Kebetuk. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2079-2092.

Sari, M. P., Kautsar, F., Maulana, A., Lorensa, F., Studi, P., Matematika, T., & Tarbiyah, F. (2021). Pemanfaatan Permainan Tradisional Engklek Sampar sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika yang meliputi rumah adat , upacara adat , tarian , lagu , dan Salah satu permainan tradisional yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran m. 447–458.

Suhartini, S., & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika. Jurnal Gantang, 2(2), 105–111. https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.198

Surmiyanti, C., Mutia, M., & Nurhaliza, S. (2021). Etnomatematika dalam Budaya Berdompu pada Permainan Tradisional Engklek di Kalimantan Barat. Juwara Jurnal Wawasan dan Aksara, 1(1), 47-57.

Taskiyah, A. N., & Widyastuti, W. (2021). Etnomatematika dan Menumbuhkan Karakter Cinta Tanah Air pada Permainan Engklek. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 81. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.10342

Wahyudi, J., & Maulida, I. (2019). Pengenalan Pola Citra Kain Tradisional Menggunakan Glcm Dan Knn. Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat (JTIULM), 4(2), 43-48.

Zakiya, A. M., Yanita, Y., & Arnawa, I. M. (2020). Exploring students ’ critical thinking skills in a geometry lesson Exploring students ’ critical thinking skills in a geometry lesson. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012027.




DOI: https://doi.org/10.56842/dikmat.v4i01.188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.