UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTUAN MEDIA JARING-JARING BANGUN RUANG
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menumbuhkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk menumbuhkan minat belajar peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah 22 siswa di kelas IV SDN 1 Lebak. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket pernyataan. Penelitian ini dilakukan dalam pra siklus dan siklus 1, dengan tahapan awal merancang pembelajaran kemudian mendeskripkan segala kegiatan selama pembelajaran dan menghitung angket yang sudah diisi peserta didik. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan dari yang minat belajar siswa 82% hingga mencapai 86,36% hal ini bahwasannya penggunaan model jigsaw dapat meningkatkan minat belajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amin, M., Nur, F., Mardiah, Damayanti, E. & Suharti. (2020). The Influence of Jigsaw-type Cooperative Learning Model on Students’ Mathematics Learning Outcomes and Motivation. Desimal: Jurnal Matematika, 3(3), 235–246.
Ardiawan, I.K.N., Kristina, P.D., & Swarjana, I.G.T. (2020). Model Pembelajaran Jigsaw Sebagai Salah Satu Strategi Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. EdukasI: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 57–63.
Hidayat, P.W., & Widjajanti, D.B. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Minat Belajar Siswa dalam Mengerjakan Soal Open Ended Dengan Pendekatan CTL. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 63–75.
Kurniasih, I. & Sani, B. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.
Milkhaturrohman, Silva, S.D, & Wakit, A. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bangun Datar di SDN 2 Mantingan Jepara. MATHEMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 94-106.
Nasution, E. T., & Fahreza, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Minat Belajar. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 33–45.
Riadi, M. (2020). Minat Belajar (Pengertian, Unsur, Jenis, Indikator dan Cara Menumbuhkan). Diakses pada, 22(11), 2022.
Safari. (2003). Indikator Minat Belajar. Jakarta: Rinekacipta.
Wakit, A. (2023). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memahami Materi Perkalian Studi Kasus Kesulitan Siswa Kelas IV SD. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8(1), 80-87.
Wakit, A., & Kusumodestoni, R. H. (2020). Problem Based Learning with a Scientific Approach with Character in Mathematics Learning. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 121-132.
Wakit, A., Anindita, F.F., & Ardaniyah, N. (2022). Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran di Kelas I SDN 05 Kecapi Jepara. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 107-115.
DOI: https://doi.org/10.56842/dikmat.v4i02.171
Refbacks
- There are currently no refbacks.