Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Kognitif Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemampuan kogntif yang dimiliki peserta didik pada muatan pembelajaran matematika di SD N 7 Tahunan. Tempat. Subjek penelitian ini adalah orang tua peserta didik kelas III SD N 7 Tahunan tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, sedangkan analisis data menggunakan uji prasyarat, uji validitas dan reliabilitas, serta uji hipotesis menggunakan SPSS versi 25.0. Dari hasil analisis diketahui bahwa Hasil hitung F ANOVA menunjukkan bahwa nilai nilai signifikasi 0,01 < 0,05 dengan a = 5%, sehingga dalam penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima. secara keseluruhan pola asuh orang tua berpengaruh positif sebesar 44,7% terhadap kemampuan kognitif muatan matematika peserta didik kelas III SD N 7 Tahunan, adapun presentase selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dipilih dalam penelitian ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir, P. (2021). JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 375–386.
Ayun, Q. (2017). Pola asuh orang tua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102-122.
Aslan, A. (2019). Peran Pola Asuh Orangtua di Era Digital. Jurnal Studia Insania, 7(1), 20-34.
Budang, P., Wedyawati, N., & Fransiska, F. (2017). Korelasi Pola Asuh Orangtua dengan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Tengadak. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 3(2), 349-356.
Djamarah, S. B. (2014). Pola Asuh Orangtua dan Komunikasi dalam Keluarga: Upaya Membangun Citra Membentuk Pribadi Anak. Jakarta: PT Rineka Cipta
Fitasari, N. P. D., Suniasih, N. W., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhdap Hasil Belajar Matematika dengan Efikasi Diri Sebagai Intervening. International Journal of Elementary Education, 3(4), 404-412.
Hapsari, D., Riyanto, S., & Endri, E. (2021). The Role of transformational leadership in building organizational citizenship: The civil servants of Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 595-604.
Kurniasari, A. (2019). Dampak kekerasan pada kepribadian anak. Sosio Informa: Kajian Permasalahan Sosial dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 5(1).
OECD. 2019. PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. OECD
Sumanto, B., Asrori, A., & Kiswanto, K. (2014). Pengaruh kepemilikan institusional dan ukuran dewan komisaris terhadap manajemen laba. Accounting Analysis Journal, 3(1).
Wulandari, A. P., & Renda, N. T. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Mimbar Ilmu, 25(2), 251-261.
DOI: https://doi.org/10.56842/dikmat.v3i01.102
Refbacks
- There are currently no refbacks.