STRATEGI TUTUR DAN IDENTITAS SOSIAL DALAM KOMUNIKASI DIGITAL: ANALISIS PRAGMATIK PADA GENERASI Z DI MEDIA SOSIAL
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah, S. N., & Kuntari, W. (2025). Representasi Identitas Gen Z dalam Bahasa Media Sosial: Studi Sosiolinguistik pada Platform Instagram. Jurnal Pendidikan dan Humaniora, 10(1), 34–45. https://ulilalbabinstitute.id/index.php/PESHUM/article/view/8367
Brown, P., & Levinson, S. C. (1987). Politeness: Some universals in language usage. Cambridge University Press.
Fauziah, A., & Rahmadani, T. (2022). Strategi Kesantunan dan Penanda Identitas di Media Sosial: Kajian Pragmatik. Jurnal Bahasa dan Media Digital, 7(2), 102–115.
Goffman, E. (1981). Forms of talk. University of Pennsylvania Press.
Jayaputri, M. R., & Aziz, F. (2024). Language Markers and Social Identity in Digital Communication Among Generation Z in Indonesia. International Journal of Language and Communication Studies, 6(2), 55–70. https://www.researchgate.net/publication/388822651
Jones, R. H., Chik, A., & Hafner, C. A. (2019). Discourse and digital practices: Doing discourse analysis in the digital age (pp. 87–98). Routledge.
Meliana, T., & Adityas, D. (2021). Ekspresi Emosional dan Intensifier dalam Komunikasi Media Sosial: Studi Linguistik Digital. Jurnal Linguistik Terapan, 8(1), 15–28.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed., pp. 33–35). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Nugroho, A. S., & Iswari, L. R. (2020). Adjacency Pairs dalam Interaksi Media Sosial: Fungsi dan Pola. Jurnal Bahasa dan Komunikasi, 6(2), 77–90.
Ramadhani, H., & Putra, M. (2020). Strategi Kesantunan dalam Bahasa Media Sosial Generasi Milenial. Jurnal Pragmatik Indonesia, 5(1), 33–44.
Saraswati, L., & Nurbaya, S. (2022). Campur Kode sebagai Simbol Identitas Sosial dalam Komunitas Digital. Bahasa dan Budaya Online, 7(2), 58–72.
Saraswati, L., Damarjati, R., & Yusuf, A. (2023). Media Sosial dan Gaya Komunikasi: Perbandingan Strategi Tutur antar Platform Digital. Jurnal Komunikasi dan Teknologi, 9(1), 100–114.
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif (hlm. 15). Bandung: Alfabeta.
Sukmawati, E., & Baharuddin, M. (2023). Hedging dalam Wacana Digital Generasi Z: Fungsi Sosial dan Konstruksi Makna. Jurnal Bahasa dan Psikologi, 4(1), 61–74.
Wangsa, D., Suryaningsih, T., & Marlina, R. (2024). Constructing Digital Identity: Information-Seeking Behaviors of Indonesian Gen Z on Social Media. Journal of Information Practices and Digital Literacies, 5(1), 89–103. https://systems.enpress-publisher.com/index.php/jipd/article/viewFile/4478/3125
Wijayanti, R., & Rasyid, M. A. (2021). Emoji dan Representasi Emosi dalam Komunikasi Daring Generasi Z. Jurnal Media dan Bahasa, 10(1), 45–59.
Yeasy, M. M., & Suhono, R. (2024). Strategi Tutur Permintaan Generasi Z Penutur Bahasa Jawa di Media Sosial: Tinjauan Pragmatik. Bahasa dan Sastra Jawa, 8(1), 25–39. https://attractivejournal.com/index.php/bse/article/view/1036
DOI: https://doi.org/10.56842/bahtra.v6i1.631
Refbacks
- There are currently no refbacks.


