KEMAMPUAN MENGGUNAKAN TANDA BACA PADA MAHASISWA SEMESTER I PROGRAM STUDI PENDIDIKAN INFORMATIKA TAHUN AJARAN 2020/2021
Abstract
Penulis ingin menganalisis,menguji tingkat pemahaman dan kemampuan mahasiswa semester I prodi Informatika menggunakan tanda baca tahun akademik 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 19 orang mahasiswa. metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan tes. Berdasarkan penyajian dan hasil analisis data maka kesimpulan yang dapat dirumuskan adalah, secara individu kemampuan menggunakan tanda baca pada mahasiswa semester II Prodi Informatika yang berkemampuan sangat tinggi sebanya 6 orang (31,57%) , yang berkemampuan tinggi sebanyak 13 orang (68,49%), setelah perlakuan tidak ada mahasiswa yang mendapat kemampuan rendah hal ini berbanding terbalik dengan kemampuan peserta didik sebelum perlakuan. Secara klasikal mahasiswa semester I Informatika juga sudah dikatakan mampu memahami dan menggunakan tanda baca karena hasil t-hitung > t-tabel yang menyatakan bahawa Ha diterima dan Ho ditolak
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwi Hasan Soenjono, (2003). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Reneka Cipta.
Moenta, Andi Pangerang (2009). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang
Disempurnakan. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Putrayasa. (2007). Analisis Kalimat. Bandung: PT. Refika Aditama.
Putrayasa.(2007). Kalimat Efektif. Bandung: PT. Refika Aditama.
Reality,Tim. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: Reality Publisher
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung:Alfabeta.
Tim Reality. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia dilengkapi dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Surabaya: Reality Publisher
DOI: https://doi.org/10.56842/bahtra.v1i02.30
Refbacks
- There are currently no refbacks.