Penerapan Independent Reading untuk Meningkatkan Prestasi Membaca Siswa pada SMP Negeri 5 Kodi Utara

Lukas Pati Mone

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah Independent Reading dapat meningkatkan prestasi membaca siswa kelas I SMP Negeri 5 Kodi Utara tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain penelitian tindakan kolaboratif dimana subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SMP Negeri 5 Kodi Utara. Penulis hanya fokus pada penerapan Independent Reading untuk meningkatkan prestasi membaca siswa. Data dikumpulkan melalui data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai membaca siswa pretest dan posttest. Kemudian, teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah; tes yang terdiri dari 30 item dengan 4 opsi dan dikategorikan sebagai pilihan ganda. Kemudian diperoleh data kualitatif dari lembar observasi dan angket. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa ada perkembangan pada prestasi membaca siswa dan peningkatannya. Hal itu bisa dilihat dari skor rata-rata pre-test adalah 65, 95. dan skor rata-rata post-test adalah 83,30. Selain itu, terdapat 9 siswa atau 45% dari 20 siswa yang lulus Kriteria Ketuntansan Minimum (KKM) dalam pre-test. Sementara itu, pada siklus I tercapai 18 siswa atau 90% dari 20 siswa. Kemudian, dari lembar observasi hasil penelitian menunjukkan lebih banyak siswa yang memberikan respon yang baik terhadap kemandirian membaca dalam mengajar membaca. Berdasarkan hasil data persentase dalam kuesioner seperti Sangat Setuju adalah 18,00%, Setuju adalah 15, 60%, Belum memutuskan adalah 4, 35%, Tidak Setuju adalah 1,30%, dan Sangat Tidak Setuju adalah 0,55%. Penulis menyimpulkan bahwa prestasi membaca siswa meningkat sangat baik dalam belajar membaca bahasa Inggris.

Keywords


Membaca, dan Independent Reading.

Full Text:

PDF

References


Agustina, N. (2022). Persepsi Pengguna Laboratorium Program Studi Teknologi Pendidikan Fkip Universitas Baturaja. Jurnal Lentera Pedagogi, 6(1), 66-70.

Arikunto & Suharsimi (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Creswell, J. W. (2002). Desain Penelitian. Pendekatan Kualitatif & Kuantitatif, Jakarta: KIK, 121-180.

Handayani, S. M., Yeigh, T., Jacka, L., & Peddell, L. (2021). Cypriot Journal of Educational Sciences. Sciences, 16(3), 939-951.

Hopkins, W. G. (2008). Introduction to plant physiology. John Wiley & Sons.

Johnson, AP (2008). Mengajar membaca dan menulis. Buku panduan untuk les dan remediasi siswa. Lanham: Pendidikan Rowman & Littelefield.

Krashen, S. D. (2003). Explorations in language acquisition and use.

Laa, N., Winata, H., & Meilani, R. I. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division terhadap minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 139-148.

Musdalifah, S., & Sihaloho, E. D. (2019). Pengaruh Jam Baca Terhadap IPK Mahasiswa FEB UNPAD. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 15-26.

Noor, N. M. (2011). Reading habits and preferences of EFL post graduates: A case study. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 1(1), 1-9.

Rahman, R., Kondoy, E., & Hasrin, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Quizziz Sebagai Media Pemberian Kuis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3).

Pollard, C. M., Miller, M. R., Daly, A. M., Crouchley, K. E., O’Donoghue, K. J., Lang, A. J., & Binns, C. W. (2008). Increasing fruit and vegetable consumption: success of the Western Australian Go for 2&5® campaign. Public health nutrition, 11(3), 314-320.

Setiyadi, A. C., & Salim, M. S. U. (2013). Pemerolehan bahasa kedua menurut Stephen Krashen. At-Ta'dib, 8(2).

Shanahan, T. (2020). Limiting Children to Books They Can Already Read: Why It Reduces Their Opportunity to Learn. American Educator, 44(2), 13.

Sudijono, A. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wall, H. (2014). When Guided Reading Isn't Working: Strategies for Effective Instruction. Journal of Language and Literacy Education, 10(2), 134-141.

Winarno, M. E. (2013). Metodologi penelitian dalam pendidikan jasmani. Um press




DOI: https://doi.org/10.56842/bahtra.v3i02.231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.