Peningkatan Hasil Belajar Vocabulary Melalui Metode Role Playing dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Lobalain

Laurensius Weke

Abstract


Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode Role-Playing dalam meningkatkan hasil belajar vocabulary di Siswa Kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Lobalain. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Lobalain pada Semester II Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Taggart. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan melalui tahap perencanaan, tindakan kelas/pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan non tes berupa instrumen pemantau tindakan, soal evaluasi, dan catatan lapangan. Uji validitas dan reliabilitas instrumen ditempuh melalui expert judgement. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar vocabulary siswa dengan menerapkan metode Role-Playing. Persentase hasil belajar pada siklus I mencapai 73,33 % dan pada siklus II 78,05 %. Hal tersebut meningkat karena dengan persentase efektivitas pembelajaran dengan menerapkan metode Role-Playing siklus I 64,29 % dan siklus II 87,14 %. Dengan demikian pembelajaran dengan penerapan metode Role-Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah hasil belajar vocabulary yang diperoleh akan semakin tinggi jika pembelajaran dengan menerapkan metode Role-Playing semakin efektif

Keywords


Hasil Belajar, Kosakata, Role-Playing

Full Text:

PDF

References


Abdin, M. Z. M. (2018). Analisa Metode Discussion dan Role Playing untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Manajemen Kinerja. J. Kreat. Pemasaran, Sumberd. Mns. dan Keuang, 6(3), 85-97.

Aprinawati, I. (2017). Peningkatan Keterampilan Membaca dengan Menggunakan Metode Role Playing Pada Kelas I SDN 001 Bangkinang. Lembaran Ilmu Kependidikan, 46(1), 16-22.

Hastuti, E. D. (2011). Pembelajaran dengan Menggunakan Metode Demontratif Efektif untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris. Jurnal Pembelajaran, 20(5), 191-200.

Hamalik, O. (2003). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Kasihani K.E.S. (2008). English For Young Learners. Jakarta: Bumi Aksara.

Khodijah, K., & Astuti, M. (2017). Pendekatan komunikatif terhadap keterampilan berbicara siswa pelajaran bahasa inggris di Min 1 Palembang. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 3(2), 144-155.

Magdalena, I., Islami, N. F., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga ranah taksonomi bloom dalam pendidikan. EDISI, 2(1), 132-139.

Muhidin, R., Saepurokhman, A., & Aminah, M. (2022). Efektivitas Metode Role Playing Dengan Pendekatan Saintifik yang Berorientasi Higher Order Thinking Skills dalam Pembelajaran Drama pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Cimalaka Tahun Pelajaran 2021/2022. Literat-Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 91-101.

Mulyasa. (2008) Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2010). Penelitian tindakan kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyono, H., & Wekke, I. S. (2018). Strategi pembelajaran di abad digital. Jakarta. Gawe Buku.

Padmadewi, N. N., & Artini, L. P. (2018). Literasi di sekolah, dari teori ke praktik. Nilacakra.

Saputra, D., & Fidri, M. (2022). PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK PENGUASAAN KOSA KATA. Jurnal As-Said, 2(1), 127-137.

Sudrajat, H. N., & Herlina, H. (2015). Meningkatkan Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris Melalui Metode Permainan Bingo. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 10(2), 114-121.

Siska, Y. (2011). Penerapan metode bermain peran (role playing) dalam meningkatkan keterampilan sosial dan keterampilan berbicara anak usia dini. J. Educ, 1(1), 31-37.

Sum, T. A. (2019). Kompetensi Guru Paud Dalam Pembelajaran Di Paud di Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 68-75.

Teni, N. W. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn melalui Model Pembelajaran Berbasis Portofolio. Journal of Education Action Research, 3(1), 16-23.

Yarmi, G., & Atika, V. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Vocabulary Melalui Metode Role Playing Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SD Laboratorium PGSD FIP UNJ Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah PGSD, 8(2), 61-67.




DOI: https://doi.org/10.56842/bahtra.v3i01.230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.