Penerapan Model Fan-N-Pick untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Aspek Berbicara
Abstract
Masalah utama yang diangkat dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah rendahnya hasil belajar bahasa Inggris yang dicapai oleh siswa kelas VIII SMPN Satap Wolomapa dalam aspek berbicara dalam bahasa Inggris. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN Satap Wolomapa pada kelas VIII tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa sebanyak 15 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus dalam penelitian meliputi empat langkah, yaitu (1) perencanaan, (2) implementasi (bertindak), (3) pengamatan (mengamati), (4) refleksi (merefleksikan). Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Hasil pada siklus I memiliki nilai rata-rata 79, 2) Ketuntasan Belajar pada siklus I sebesar 78%, 3) Hasil pada siklus II memiliki nilai rata-rata 79, dan 4) Ketuntasan Belajar pada siklus II sebesar 100%. Berdasarkan data penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Fan-N-Pick pada mata pelajaran bahasa Inggris dapat meningkatkan hasil belajar kelas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bera, L. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Role Playing pada Mata Pelajaran IPS di SD Inpres Waioti. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10476-10483.
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori belajar konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49-57.
Ningsih, M., & Purwandari, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa SD melalui Metode KRSK berbantuan Media Papan Alur. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 391-396.
Nugraha, M. S., Waluyo, D., & Ariawan, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Fan-N-Pick Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(1), 82-92.
Nugrahwati, S., & Sintawati, M. (2021). Fan-N-Pick: Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Mengurangi Kecemasan Matematika. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(2), 187-196.
Nurdiana, F. (2021). Hilangnya Mata Pelajaran Bahasa Inggris di dalam Pendidikan Sekolah Dasar (SD). In Kompasiana.Com.
Kanigara, R. R., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. P. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Fan N Pick pada Pembelajaran PKN Di Sekolah Dasar. Action Research Literate (ARL), 4(1), 11-20.
Riyadi, A., Soetjipto, B. E., & Amirudin, A. (2016). The Implementation of Cooperative Learning Model Fan-N-Pick and Quick on the Draw to Enhance Social Competence and Cognitive Learning Outcome for Social Studies. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 21(4), 90-96.
Sarnita, F., & Widia, W. (2018). Pelatihan Penyusunan Artikel Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru SD Sertifikasi Desa Nunggi. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 2(3). 63
Sueni, N. M. (2019). Metode, Model dan Bentuk Model Pembelajaran (Tinjauan Pustaka). Wacana: Majalah Ilmiah Tentang Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 19(1), 3-3.
Sulaiman, Y. S. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kupang Nusa Tenggara Timur: Sebuah Kajian Dalam Perspektif Etnografi. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(08), 61-65.
Uni, Y. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar. Pembelajaran Prospektif.
Vegetari, A. G., Widiati, U., & Soetjipto, B. E. (2021). Peningkatan Keterampilan Sosial melalui Penerapan Model Fan N Pick dan Inside Outside Circle di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(10), 1446-1452.
Yusridawati, Y. (2020). Upaya Peningkatan Belajar Teks Prosedur Melalui Metode Demonstrasi. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 4(10), 699-713.
DOI: https://doi.org/10.56842/bahtra.v2i2.227
Refbacks
- There are currently no refbacks.